Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Revolusi Besar Dunia Besar Dunia Siswa XI IPS 6 SMAN 2 Kota Jambi

Arfensya, Zuhal (2023) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Revolusi Besar Dunia Besar Dunia Siswa XI IPS 6 SMAN 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI ZUHAL COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (331kB)
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI ZUHAL LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan Indikator peningkatan dari keberhasilan setiap siklus dan pembelajaran melalui model Cooperative Script,serta untuk mengetahui bagaimana implementasi model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 2 Kota jambi pada Agustus-September 2022. Subek penelitian ialah siswa XI ips 6. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak III siklus, Prosedur penelitian meliputi perencanaan,pelaksanaan Tindakan dan Observasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif.data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil Observasi,wawancara,kuantitatif,dan dokumentasi. subjek dalam penelitian ini murid kelas XI IPS 6 SMA Negeri 2 Kota jambi yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi model pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Script berjalan dngan baik. Hasil tes yang dilakukan menghasilkan hasil belajar yang terjadi setiap akhir siklus. siklus I nilai afektif (44%) psikomotor (47%) kognitif (58%). Pada siklus II nilai afektif (61%), Psikomotor (64%), Kognitif (64%). Pada siklus III afektif (76%), psikomotor (73%), kognitif (76%). Terjadi kenaikan hasil belajar sejarah siswa mulai dari Siklus I hingga ke Siklus III. Angka ini menunjukkan adanya peningkatan setiap siklus.

Type: Thesis (S1)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: ARFENSYA
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:34
Last Modified: 19 Jul 2024 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68916

Actions (login required)

View Item View Item