Tarigan, Sanjai Dut (2024) "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn KELAS XII (FASE F)SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI". S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB 1 a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB V a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
Cover a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
DAF PUSTAKA a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Ful Skripsi a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN a.n Sanjai Dut Tarigan.pdf Download (157kB) |
Abstract
ABSTRAK Sanjai Dut Tarigan: 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Kelas XII (Fase F) SMA Negeri 10 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si, (II) Heri Usmanto S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Time Token, Keaktifan Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persentase keaktifan belajar siswa dari XII (Fase F) kelas yaitu kelas F1 Sampai F8 hanya mencapai 36,47% yaitu setiap kelas dikategorikan “Rendah”. Hal ini menunjukan rendahnya persentase keaktifan belajar siswa pada siswa-siswi kelas XII SMA N Kota Jambi. Kurangnya keaktifan dan proses pengamatan peneliti menemukan ada kecenderungan peserta didik yang masih tidak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, tidak menjawab dan mengajukan pertanyaan, tidak mencatat penjelasan guru dan hasil diskusi, serta masih terdapat siswa yang tidak mengemukakan pendapat dan mendengarkan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKn Kelas XII (Fase F) SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment design. Rancangan penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII F yang terdiri dari 8 (delapan) kelas dengan jumlah 269 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random, dengan sampel yang terpilih kelas XII F4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII F6 sebagai kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Time Token salah satu pendekatan struktural dalam pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan meningkatkan perolehan keaktifan belajar. Model pembelajaran ini mengajak siswa aktif sehingga tepat digunakan untuk pembelajaran berbicara dimana pembelajaran ini benar-benar mengajak siswa untuk aktif dan belajar berbicara di depan umum, mengungkapkan pendapatnya tanpa rasa takut dan malu. Hal ini dibuktikan, pada hasil penelitian ini diperoleh, nilai rata-rata kelas eksprimen yaitu 68,00 dengan kategori sangat aktif sebesar 81% yang dimana lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 50,00 dengan kategori kurang aktif 43%. Hasil uji hipotesis diperoleh pengaruh yang positif terhadap keaktifan belajar siswa serta diperoleh sign (2-tailed) pada keaktifan belajar siswa sebesar 0,000 yang bearti nilai tersebut lebih kecil dari nilai ɑ = 0,05 jadi (0,000 < 0,05) maka tolak Ho dan terima Ha, dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model time token terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XII F4 SMAN 10 Jambi. This study was motivated by the low percentage of student learning activeness from XII (Phase F) classes, namely classes F1 to F8, only reached 36.47%, namely each class was categorized as “Low” This shows the low percentage of student learning activeness in students in class XII SMA N Jambi City. lack of activeness and the observation process researchers found that there was a tendency for students who still did not pay attention and listen to the teacher's explanation, did not answer and ask questions, did not record the teacher's explanation and discussion results, and there were still students who did not express opinions and listen to opinions. This study aims to determine the effect of the application of the Time Token Type Cooperative Learning model on Student Learning Activeness in Civics Class XII (Phase F) SMA Negeri 10 Jambi City. This study uses quantitative methods with the type of research true experimental design. The research design used Pretest-Posttest Only Control Design. This research was conducted at SMA Negeri 10 Jambi City. The population of this study were XII F class students consisting of 8 (eight) classes with a total of 269 students. The sample in this study was selected randomly, with the sample selected class XII F4 as the experimental class and class XII F6 as the control class. The use of the Time Token Type Cooperative Learning model is one of the structural approaches in cooperative learning designed to influence student interaction patterns and increase the acquisition of learning activeness. This learning model invites students to be active so that it is appropriate to use for learning to speak where this learning really invites students to be active and learn to speak in public, express their opinions without fear and embarrassment. This is evidenced, in the results of this study obtained, the average value of the experimental class is 81.00 with a very active category of 81% which is higher than the control class average of 50.00 with a fairly active category of 53%. The results of hypothesis testing obtained a positive effect on student learning activeness and obtained sign (2-tailed) on student learning activeness of 0.000 which means that the value is smaller than the value of ɑ = 0.05 so (0.000 <0.05) then reject Ho and accept Ha, thus it can be concluded that there is an effect of applying the time token model to student learning activeness in Civics class XII F4 SMAN 10 Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci:Time Token Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Tarigan |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 01:37 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 01:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/68947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |