PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE DISERTAI DENGAN CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X

EKA PUTRI, SINTA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE DISERTAI DENGAN CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE DISERTAI DENGAN CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (302kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS WEBSITE DISERTAI DENGAN CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI VERTEBRATA UNTUK SISWA SMA KELAS X Oleh: Sinta Eka Putri1),Asni Johari2),Afreni Hamidah2) 1)Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email:1)Sintaekaputri96@gmail.com Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran biologi berbasis website, untuk mengetahui respon guru, serta mengetahui respon siswa terhadap multimedia pembelajaran biologi berbasis websitedisertai dengan contoh kontekstual pada materi vertebrata untuk siswa SMA kelas X.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE.Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Muaro Jambi pada November 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket penilaian pada 1 validator media, 1 validator materi, 1 guru mata pelajaran biologi kelas X, kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, dan kelompok besar yang terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari validator media pada tahap I memperoleh persentase sebesar 73,3% dengan kategori “layak”dan pada tahap II memperoleh persentase sebesar 98,3% dengan kategori “sangat layak”.Penilaian validator materi tahap I memperoleh persentase sebesar 71,6% dengan kategori “layak”, pada tahap II memperoleh persentase sebesar 83,3% dengan kategori “sangat layak”, dan pada tahap III memperoleh persentase sebesar 88,3% dengan kategori “sangat layak”. Hasil ujicoba respon guru mata pelajaran biologi kelas X memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat baik”. Hasil ujicoba respon siswa kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 93,8% dengan kategori “sangat baik” dan hasil ujicoba respon siswa kelompok besar memperoleh persentase sebesar 88,8% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, multimedia pembelajaran biologi berbasis website disertai dengan contoh kontekstual pada materi vertebrata untuk siswa SMA kelas X telah dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan. Kata kunci: Multimedia pembelajaran, Website, Kontekstual, Vertebrata

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: SINTA EKA PUTRI
Date Deposited: 25 Jan 2019 02:49
Last Modified: 25 Jan 2019 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6902

Actions (login required)

View Item View Item