Fulta, Rogil (2024) PENINGKATAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS XE 3 SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
COVER AWAL.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Fulta, Rogil. 2024. “Peningkatan Partisipasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Di Kelas XE 3 SMA Negeri 1 Kota Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. M. Salam, M.Si, (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Partisipasi belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Proses belajar mengajar Kurikulum Merdeka dituntut untuk semakin inovatif agar memacu keaktifan dan keikutsertaan siswa pada kegiatan pembelajaran. Namun hal tersebut masih sulit untuk dicapai, salah satunya karena kurangnya partisipasi dan antusias siswa dalam bertanya yang menjadi siswa masih belum produktif dalam belajar. Untuk menstimulasi keaktifan dan partisipasi peserta didik saat belajar, maka digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi belajar siswa agar mampu dalam mengemukaan pendapat, memberikan tanggapan, mengerjakan tugas, membuat kesimpulan, dan melakukan presentasi pada mata pelajaran PPKn. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk Siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: Tahap Perencanaan, Implementasi Tindakan, Observasi dan Evaluasi, Analisis dan Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran PPKn. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siklus I yaitu 59% kemudian pada siklus II meningkat yaitu 68% dan pada siklus III meningkat menjadi 78% dengan kategori tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | FULTA |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 02:17 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |