Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Materi Sistem Indera Untuk Siswa Kelas XI SMA

Indah,, F.M. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Materi Sistem Indera Untuk Siswa Kelas XI SMA. JURNAL.

[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (685kB)
[img] Text
COVER DEPAN.pdf

Download (963kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Indah, F.M. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Pada Materi Sistem Indera Untuk Siswa Kelas XI SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M. Si, (II) Mia Aina, S.Pd., M. Pd., Kata Kunci : Media Pembelajaran interaktif, Website, Sistem indera Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website mengetahui kelayakan, respon guru dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE melalui tahapan meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Data dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi pada media telah dinyatakan layak untuk diuji coba di lapangan setelah melalui tahap validasi media dan tahap validasi materi. Validasi ahli media diperoleh persentase 75% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan aspek kelayakan bahasa dan aspek kegrafisan. Validasi ahli materi diperoleh persentase 91,6% termasuk kategori “sangat baik” berdasarkan aspek kelayakan materi, isi dan penyajian. Respon guru diperoleh persentase 95,0% dengan kategori “sangat baik” berdasarkan pada aspek kelayakan isi dan media pembelajaran. Ujicoba kelompok kecil dan ujicoba kelompok besar dilaksanakan di SMAN 2 Batanghari, kelompok kecil berjumlah 6 orang perserta didik. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis website tergolong kategori “sangat baik” yaitu kelompok kecil diperoleh persentase 92,5% dan kelompok besar diperoleh persentase 88,9%. Berdasarkan hasil yang diperoleh baik dari tim ahli, respon guru dan peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa media media pembelajaran berbasis website pada materi sistem indera layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran dikelas ataupun sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: FITRI INDAH MARPAUNG
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:46
Last Modified: 25 Jan 2019 03:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item View Item