PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK ORCHID KOTA JAMBI

ANGGREA, RIRIN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK ORCHID KOTA JAMBI. JURNAL PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK ORCHID KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (495kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Ririn Anggrea. 2018. Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam Belajar dan Pemecahan Masalah Anak usia Dini Melalui Metode Bercerita di TK Orchid Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, metode bercerita Latar belakang dari penelitian ini adalah salah satu perkembangan yang terjadi pada anak usia dini adalah perkembangan kognitif anak dalam belajar dan pemecahan masalah. Untuk mencapai perkembangan yang optimal maka anak perlu mendapatkan metode pembelajaran yang dapat menunjang perkembangan anak. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode bercerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatkan kemampuan kognitif dalam belajar dan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bercerita di TK Orchid Kota Jambi. Subjeknya adalah anak usia dini di kelas B2 yang berjumlah 15 anak, 6 laki-laki dan 9 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dari hasil pengamatan dan dokumentasi. Pengolahan data bekerjasama dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang disediakan setiap pertemuan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini melaui metode bercerita di kelompok B2 TK Orchid Kota Jambi yaitu: dari pratindakan (25,8%), siklus I kemampuan kognitif anak sudah mulai menunjukkan sedikit peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 30,03%. Pada siklus II peningkatan kemampuan kognitif anak sudah mulai berkembang dengan nilai rata-rata sebesar 39,82% dan pada siklus III peningkatan kemampuan kognitif anak sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik sehingga mencapai keberhasilan dengan nilai rata-rata sebesar 69,44% melebihi kriteria nilai ketuntasan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak dalam belajar dan pemecahan masalah melalui metode bercerita di kelompok B2 TK Orchid Kota Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik dengan nilai persentase melebihi kriteria ketuntasan sebesar 55%, maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Saran dari penelitian ini adalah metode bercerita sebagai strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan bervariasi sehingga anak menjadi tertarik untuk belajar hal-hal baru yang berkaitan dengan perkembangan kognitifnya, sehingga anak dapat mencapai perkembangan kogntiif yang optimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIRIN ANGGREA
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:17
Last Modified: 25 Jan 2019 04:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item View Item