tri, indah Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. ARTIKEL ILMIAH. (Unpublished)
![]() |
Text
COVER.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (956kB) |
Abstract
ABSTRAK Tri, Indah. 2017. Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra. Roseli Theis, M.S (II) Drs. Sufri, M.Si Kata Kunci : Kcemasan Matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pemecahan masalah matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Namun, kecemasan tidak menutup kemungkinan mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Artinya dengan adanya kecemasan pada matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika bisa semakin baik atau sebaliknya.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika siswa dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan menganalisis hubungan dan pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Persamaan Linear Dua Variabel di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian penjelasan (explanation research) dengan pendekatakan kuantitatif. Metode kuanitatif berperan untuk memperoleh data yang terukur, baik yang bersifat deskriptif, komparatif dan asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kecemasan matematika, soal tes dan lembar Analisis data untuk mengetahui hubungan dan pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)tingkat kecemasan matematika siswa yang rendah yaitu 23%. Siswa dengan kecemasan matematika cukup, yaitu 43%. Dan, siswa yang berkecemasan matematika tinggi, yaitu 34 %, baik dari gejala kognitif, afektif, maupun psikologis. 2) tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa untuk kategori “kurang” terdapat 4 orang siswa, kategori “cukup” terdapat 11 orang siswa, kategori “baik” ada 14 orang siswa dan pada kategori baik sekali ada 6 orang siswa. 3) ada hubungan antara kecemasan siswa pada matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan koefisien korelasi -0,8055 dan hasil t hitung > t tabel atau -7,80843439 > -1,68957.2)kecemasan siswa pada matematika berpengaruh negatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh 0.6887, sehingga dapat dikatakan faktor kecemasan siswa padamatematika berpengaruh 68.87% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | INDAH TRI RIZKI |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 06:44 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |