Pramesty, Widyia (2024) Pengaruh penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IX di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
Abstract
ABSTRAK Widyia Pramesty: 2024. Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI di SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Sosial. Universitas Jambi, Pembimbing (I) Heri Usmanto S.Pd., M.Pd, (II) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PPKn yang hanya mencapai persentase 28,5% “kurang kreatif”. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang diberikan guru masih menggunakan model konvensional dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment design. Rancangan penelitian yang digunakan Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di di SMA Negeri 11 Muaro Jambi pada kelas XI F2 A sebagai kelas eksperimen dan XI F2 B sebagai kelas kontrol pada bulan November-Desember 2023. Penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe CORE yang berfokus dalam ranah keterampilan berpikir siswa ketika mencari konsepnya sendiri, melalui proses menghubungkan (Connecting), mengorganisasikan (Organizing), konsep sebelumnya dengan konsep baru, serta mengulas kembali materi yang sudah didapatkan (Reflecting), dan mampu meluaskan konsepnya ketika pelaksanaan pembelajaran sedang dilakukan (Extending), dengan demikian diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir siswa. Hal ini dibuktikan, Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran CORE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 61.630 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1.998 pada taraf signifikansi 5%, serta nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe CORE terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Kemampuan Berpikir Kreatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | PRAMESTY |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:42 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |