RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPE PADA PT PELITA INDAH TRAVEL KOTA BUKITTINGGI

Antomy, Muhammad Harry (2024) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN LAYANAN ANGKUTAN UMUM BERBASIS WEB DENGAN METODE PROTOTYPE PADA PT PELITA INDAH TRAVEL KOTA BUKITTINGGI. S1 thesis, Jambi University.

[img] Text
F1E119044_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
F1E119044_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
F1E119044_ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
F1E119044_BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
F1E119044_BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
F1E119044_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
F1E119044_SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

PT. Pelita Indah Travel merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa angkutan umum dan pengelolaannya masih menggunakan cara konvensional. Hal ini menimbulkan risiko permasalahan yaitu pengelolaan data yang semakin banyak, sulitnya melakukan pencarian data angkutan, pembayaran iuran gabungan dan iuran lapangan yang masih dilakukan dengan menulis tangan menggunakan kertas kecil setiap pagi hari. Proses pemesanan tiket penumpang harus datang ke loket. Dalam pembuatan laporan, petugas harus melakukan pendataan ulang untuk memperoleh informasi mengenai penjualan tiket dan pembayaran iuran. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga menjadi tidak efisien serta potensi kecurangan atau ketidak transparanan petugas dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan sistem informasi pengelolaan layanan angkutan umum untuk membantu pelayanan yang bersifat manual menjadi terkomputerisasi sehingga proses layanan dapat menjadi cepat, lengkap, akurat, aman, efisien dan transparan. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah metode prototype. Hasil pada proses pengembangan ini terdapat tiga iterasi, dimana pada iterasi pertama pembuatan sistem dilakukan berdasarkan analisa permasalahan dan desain yang dirancang. Iterasi kedua terjadi penambahan statistik pendapatan transaksi, menampilkan pembayaran iuran gabungan bersifat bulanan dengan status lunas atau menunggak, penambahan upload dokumen izin trayek dan fitur kelola FAQ (Frequently Asked Questions). Iterasi ketiga terjadi penyempurnaan pada statistik pendapatan dengan menambahkan perbandingan pendapatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Kemudian, juga dilakukan penambahan statistik order penjualan tiket setiap bulan dan penyempurnaan pada fitur pengingat untuk pembayaran kewajiban seperti izin trayek, uji berkala dan penambahan verifikasi email pada proses pemesanan tiket oleh penumpang. Setelah sistem selesai dibangun, dilakukan pengujian dengan pihak pengelola perusahaan untuk menguji aspek fungsionalitas menggunakan blackbox testing dengan 134 fungsi. Hasil pengujian yang dilakukan adalah 100% fungsi berjalan baik dan 0% fungsi tidak berjalan. Hasil tersebut menunjukkan sistem yang telah dibangun dinilai baik. Sistem yang dihasilkan diharapkan dapat membantu PT. Pelita Indah Travel dalam pengelolaan layanan angkutan umum.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: ANTOMY
Date Deposited: 19 Jul 2024 06:50
Last Modified: 19 Jul 2024 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69144

Actions (login required)

View Item View Item