PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR MATERI PENILAIAN KOGNITIF

WAHYUNI, RENI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR MATERI PENILAIAN KOGNITIF. JURNAL PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA KULIAH PENILAIAN HASIL BELAJAR MATERI PENILAIAN KOGNITIF.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, Reni. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Mind Mapping Pada Mata Kuliah Penilaian Hasil Belajar Materi Penilaian Kognitif: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M. Si, Ketua (II) Dwi Agus Kurniawan, S.Pd., M.Pd, Sekretaris Kata Kunci : Video, Penilaian Hasil Belajar, Penilaian Kognitif. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat mahasiswa dalam belajar. Kurangnya variasi media yang digunakan dosen dalam mengajarkan mengakibatkan kurangnya minat mahasiswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir video pembelajaran yang dikembangkan dan bagaimana persepsi mahasiswa terhadap video tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah dalam pengembangan ini diadaptasi dari Thiagarajan dalam Sugiyono (2015), yang meliputi: (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. Penelitian ini hanya sampai pada tahapan development. Dengan tahapan pengembangan pertama define yaitu analisis awal-akhir, analisis mahasiswa, analisis konsep, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran, kemudian tahapan berikutnya design yaitu membuat rancangan video, selanjutnya development yaitu tahap pembuatan video. Subjek pada penelitian ini yaitu 30 mahasiswa pendidikan fisika universitas jambi 2015, dengan menggunakan angket yang sudah dikembangkan oleh Tito Tamara Akbar dengan nilai realibilitas angket sebesar R11 = 0,955332 angka ini menunjukkan reliabilitas tinggi. Maka dapat disimpulkan angket penelitian dapat digunakan untuk mengambil data nontes terhadap kelayakan video pembelajaran yang telah dikembangkan. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari angket persepsi mahasiswa yaitu dengan mengkuantitafkan hasil checking, kemudian membuat tabulasi data dan menghitung persentasi dari tiap-tiap sub variabel. Hasil penelitian ini adalah video pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi dengan kejelasan pesan yang disampaikan, mudah digunakan, dan penyajian materi yang menarik yang telah dinyatakan layak oleh validator. Media video pembelajaran yang telah dinyatakan layak oleh validator selanjutnya diujicobakan. Dari hasil uji persepsi mahasiswa terhadap aspek fungsi dan manfaat 82% (baik), aspek audio dan visual 83,78% (baik), aspek bahasa dan tulisan 84,22% (sangat baik). Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran fisika berbasis mind mapping pada mata kuliah penilaian hasil belajar materi penilain kognitif valid dan layak digunakan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Depositing User: Reni Wahyuni
Date Deposited: 25 Jan 2019 06:54
Last Modified: 25 Jan 2019 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item