Penguatan Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler PMR di SMA Negeri 4 Kab. Tebo

Oktaviana, Tisa (2024) Penguatan Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler PMR di SMA Negeri 4 Kab. Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover upload.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 1 UPLOAD.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (305kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Oktaviana, Tisa. 2024. Penguatan Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMA Negeri 4 Tebo. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahua Sosial., FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing (2) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Penguatan, Karakter Peduli Sosial, Karakter Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler PMR Pendidikan karakter sangat diperlukan guna membentuk peserta didik untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi orang lain. Pendidikan karakter dapat berjalan dengan baik jika ditunjang oleh adanya ekstrakurikuler. Karena melaui kegiatan ekstrakurikuler pendidik dapat mengetahui potensi yang dimiliki peserta didik dan peserta didik dapat menyalurkan minat dan bakatnya, dengan mengikuti ekstrakurikuler diharapkan dapat membentuk karakter serta menjadi wadah dalam mengembangkan potensi peserta didik, salah satu contohnya ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui bagaimana penguatan karakter peduli sosial dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR. 2)Mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam penguatan karakter peduli sosial dan tanggung jawab melalui ekstrakurikuler PMR. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Tebo. Informan dalam penelitian ini adalah para anggota PMR yang telah diwawancarai sewaktu penelitian berlangsung. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah : 1) program kerja PMR dirancang berdasarkan landasan pengetahuan, keterampilan serta pengembangan karakter peduli sosial dan tanggung jawab peserta didik yang tercermin dalam kegiatan latihan rutin, relawan kesehatan, piket UKS, bakti sosial, petugas kesehatan dalam upacara bendera, pembagian pil cantik dan lain sebagainya 2) pengembangan karakter peduli sosial dan tanggung jawab peserta didik dalam berbagai kegiatan tercermin dalam nilai tolong menolong, tenggang rasa, toleransi, aksi sosial 3) faktor pendukung berasal dari cara Pembina menyampaikan materi sehingga meningkatkan kemauan peserta didik (semangat untuk mengikuti latihan) sedangkan faktor penghambat seperti terbatasnya waktu latihan sehingga terkadang terbentur dengan kegiatan lain. kurangnya sarana-prasarana, pengaruh teman sebaya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Karakter Peduli Sosial, Karakter Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler PMR
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Oktaviana
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:42
Last Modified: 19 Jul 2024 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69174

Actions (login required)

View Item View Item