Oktaviana, Tisa (2024) Penguatan Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler PMR di SMA Negeri 4 Kab. Tebo. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TISA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover upload.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB 1 UPLOAD.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaviana, Tisa. 2024. Penguatan Karakter Peduli Sosial dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler PMR di SMA Negeri 4 Tebo. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahua Sosial., FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. M. Salam, M.Si. Pembimbing (2) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Penguatan, Karakter Peduli Sosial, Karakter Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler PMR Pendidikan karakter sangat diperlukan guna membentuk peserta didik untuk memiliki karakter yang baik dan berguna bagi orang lain. Pendidikan karakter dapat berjalan dengan baik jika ditunjang oleh adanya ekstrakurikuler. Karena melaui kegiatan ekstrakurikuler pendidik dapat mengetahui potensi yang dimiliki peserta didik dan peserta didik dapat menyalurkan minat dan bakatnya, dengan mengikuti ekstrakurikuler diharapkan dapat membentuk karakter serta menjadi wadah dalam mengembangkan potensi peserta didik, salah satu contohnya ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui bagaimana penguatan karakter peduli sosial dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR. 2)Mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam penguatan karakter peduli sosial dan tanggung jawab melalui ekstrakurikuler PMR. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Tebo. Informan dalam penelitian ini adalah para anggota PMR yang telah diwawancarai sewaktu penelitian berlangsung. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah : 1) program kerja PMR dirancang berdasarkan landasan pengetahuan, keterampilan serta pengembangan karakter peduli sosial dan tanggung jawab peserta didik yang tercermin dalam kegiatan latihan rutin, relawan kesehatan, piket UKS, bakti sosial, petugas kesehatan dalam upacara bendera, pembagian pil cantik dan lain sebagainya 2) pengembangan karakter peduli sosial dan tanggung jawab peserta didik dalam berbagai kegiatan tercermin dalam nilai tolong menolong, tenggang rasa, toleransi, aksi sosial 3) faktor pendukung berasal dari cara Pembina menyampaikan materi sehingga meningkatkan kemauan peserta didik (semangat untuk mengikuti latihan) sedangkan faktor penghambat seperti terbatasnya waktu latihan sehingga terkadang terbentur dengan kegiatan lain. kurangnya sarana-prasarana, pengaruh teman sebaya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Karakter Peduli Sosial, Karakter Tanggung Jawab, Ekstrakurikuler PMR |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Oktaviana |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:42 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |