PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-BOOK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI PROTISTA (PROTOZOA) DI KELAS X IPA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

RAMADHANI, REZKI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-BOOK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI PROTISTA (PROTOZOA) DI KELAS X IPA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR e-BOOK MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI PROTISTA (PROTOZOA) DI KELAS X IPA SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (396kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Ramadhani, R. 2018. Pengembangan Bahan Ajar E-Book Menggunakan 3D Pageflip Pada Materi Protista (Protozoa) di Kelas X IPA SMA N 8 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan PMIPA, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si (II) Mia Aina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : e-book, 3D Pageflip, Protista (Protozoa). Kemajuan dan pembangunan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Dalam hal ini, peran pendidikan sangatlah penting untuk menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui kegiatan pembelajaran di sekolah. Maka dari itu, guru sangat berperan penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar dan efektif apabila ditunjang dengan adanya sarana-prasarana untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu sarana-prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran adalah tersedianya bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat diterapkan yaitu bahan ajar berbasis e-book yang dikembangkan dengan menggunakan software khusus yaitu 3D Pageflip. e-book dapat dioperasikan dengan menggunakan komputer atau laptop yang terinstal software 3D Pageflip. e-book ini sendiri memuat materi mengenai Protista (Protozoa), tidak hanya materi, e-book ini pun dibekali dengan gambar dan foto penjelas materi, serta video yang menambah daya tarik bagi siswa saat menggunakannya. Penelitian ini menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang telah dikembangkan telah melalui tahap validasi oleh tim ahli. Validasi materi dilakukan sebanyak tiga kali dengan validasi akhir diperoleh jumlah skor sebanyak 40 (sangat baik), begitu pula dengan validasi media dilakukan sebanyak tiga kali dengan validasi akhir diperoleh dengan jumlah skor sebanyak 46 (sangat baik). Ujicoba produk dilakukan oleh Guru mata pelajaran biologi dan siswa kelas X IPA di SMA Negeri 08 Kota Jambi yang terdiri dari kelompok kecil yang terdiri dari 9 orang siswa. Hasil tanggapan guru memperoleh skor 59 (Sangat setuju) dan ujicoba kelompok kecil diperoleh skor sebanyak 355 (sangat setuju). Secara keseluruhan disimpulkan bahwa e-book yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu multimedia pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: REZKI RAMADHANI
Date Deposited: 25 Jan 2019 09:10
Last Modified: 25 Jan 2019 09:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6921

Actions (login required)

View Item View Item