Hikmatul, Ulya and Asyhar, Rayandra and Tanti, Tanti (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN BENCANA ALAM UNTUK SISWA SMP. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (23kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (417kB) |
|
Text
1. Tesis HIKMATUL 'ULYA NIM P2A520020.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Ulya, Hikmatul. 2024. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Lapisan Bumi dan Bencana Alam Siswa SMP. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Prof. Dr. rer. nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si. II. Dr. Tanti, S.Si., M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep peserta didik terhadap materi IPA pada lapisan bumi dan bencana alam di SMPN 17 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dari Brach yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation and evaluation. Tahap development dilakukan uji coba dengan jumlah sampel 32 peserta didik kelas VIII A SMPN 17 Kota Jambi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket, lembar observasi kebutuhan guru dan peserta didik, serta dokumentasi. Jenis data terdiri dari data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara proses validasi oleh ahli media, materi dan desain, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari uji coba tes penguasaan konsep. LKPD berbasis Project Based Learning dikembangkan menggunakan canva. Berdasarkan hasil validasi terhadap pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning oleh ahli materi dan desain dan ahli media dinyatakan layak dan dapat diujicobakan dengan hasil persentase masing-masing yaitu 95% dan 87%, sedangkan hasil respon guru diperoleh 92% terkategori sangat layak, hasil respon peserta didik pada ujicoba satu-satu diperoleh persentase 85% dalam kategori sangat layak, hasil respon peserta didik pada ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 82% dalam kategori sangat layak, Adapun pada uji (N-Gain) dengan perolehan skor 0,68 dan dapat diinterpretasikan kategori sedang. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: LKPD, project based learning, penguasaan konsep
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | ULYA |
Date Deposited: | 19 Jul 2024 08:43 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 08:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69259 |
Actions (login required)
View Item |