PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PPKN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI

Natazzuriyah, Ami (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MINAT BELAJAR PPKN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf

Download (42kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN (1).pdf

Download (169kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (119kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Natazzuriyah , Ami. 2024. Pengaruh Model Pemebelajaan Crossword Puzzle Terhadap Minat Belajar PPkn Siswa Kelas Ix SMP Negeri 2 Kota Jambi : Skripsi Jurusan PIPS, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Irzal Anderson, M.Si. (2) Hendra, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Crossword Puzzle, Minat Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran crossword puzzle terhadap minat belajar PPKn. Minat belajar mengacu pada ketertarikan siswa pada suatu pelajaran ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Kualitas hasil pendidikan salah satunya ditentukan oleh seberapa besar minat belajar siswa tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar merupakan penentu mutu pendidikan dan akan mempengaruhi hasil pembelajaran. Minat belajar patut mendapat perhatian kita karena minat memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan mutu dan kualitas proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-experimental dengan menggunakan variabel independent model pembelajaran crossword puzzle dan variabel dependennya minat belajar PPKn. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner disebarkan kepada siswa sebanyak 33 responden. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh nilai sig (2-tailed) minat belajar adalah sebesar 0,048 < 0,05 dan data yang dianalisis dengan uji normalitas juga berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh atau perbedaan yang signifikan terkait dengan penggunaan model Pembelajaran Crossword Puzzle terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran PPKn siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kota Jambi. Hasil Penelitian ini disarankan kepada guru agar bisa meningkatkan minat belajar melalui model pembelajaran yang inovatif contohnya model pembelajaran crossword puzzle karena penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan minat belajar. Adapun langkah dalam meningkatkan minat belajar yaitu dengan memperhatikan indikator yang ada.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Crossword Puzzle, Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Natazzuriyah
Date Deposited: 22 Jul 2024 01:58
Last Modified: 22 Jul 2024 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69298

Actions (login required)

View Item View Item