ANDINI, INTAN RESTU (2018) PENGEMBANGAN BIG BOOK UNTUK PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
1. COVER.pdf Download (308kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
14..DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (244kB) |
Abstract
ABSTRAK Andini, Intan Restu. 2018. Pengembangan Big Book Untuk Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar. Skripsi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., PhD. dan Pembimbing (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Big Book, Karakter Religius Penanaman karakter pada peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media Big Book sebagai alat yang digunakan untuk membantu prosesnya. Big Book dipilih karena pada penenaman karakter akan lebih efektif dilakukan pada usia peserta didik di kelas awal, dimana karakteristik peserta didik yang rasa ingin tahunya tinggi dan lebih mudah menerima materi pembelajaran dengan menggunakan media konkret atau semi konkret yang menarik dan dapat dihubungkan langsung dengan kehidupan seharihari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan media Big Book. Mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan Big Book untuk Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 11/IV Tambak Sari Jambi Selatan, Kec. Jambi Selatan, Kota Jambi pada Oktober 2018. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evalution). Kevalidan dari produk pengembangan dilakukan dengan cara menyebarkan angket validasi kepada validator media. Kepraktisan produk dinilai dengan menyebarkan angket kepada guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Big Book Untuk Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar (1) Big Book berisi cerita-cerita yang terdiri dari gambar dan beberapa kalimat penjelas disetiap lembarnya. (2) Memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media memperoleh nilai presentse 96% dan rata-rata nilai 4,8 dengan kategori “Sangat Valid” dan layak diujii cobakan. Selanjutnya produk duji cobakan untuk mengetahui kepraktisan produk. Dari uji coba peserta didik yang dilakukan secara individu memperoleh presentase nilai 100% dengan rata-rata nilai 5 dalam kategori “Sangat Praktis”, respon guru memperoleh presentase 92,4% dengan rata-rata nilai 4,6 termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Big Book yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang baik, sedingga kepraktisan media Big Book Untuk Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar layak digunakan sebagai sumber pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | INTAN RESTU ANDINI |
Date Deposited: | 26 Jan 2019 02:56 |
Last Modified: | 26 Jan 2019 02:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6935 |
Actions (login required)
View Item |