MARSHUSHA, AULIA LUTHFA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS SAINTIFIK PADA TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA SUBTEMA KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (147kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (161kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Marshusha, Aulia Luthfa. 2018.“Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Saintifik Pada Tema Sejarah Peradaban Indonesia Sub Tema Kerajaan Islam di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing (I) Dra. Hj Destrinelli, M.Pd., Pembimbing (II) Panut Setiono, S.Pd, M.Pd., Kata kunci :Pop-Up Book, Saintifik Pop-Up Book merupakan buku berunsur dua dimensi yang apabila halaman buku dibuka gambar yang terdapat didalamnya akan bergerak atau berubah bentuk. Bentuk Pop-Up Book dapat menggambarkan isi pesan yang ada di dalam buku terlihat lebih nyata sehingga isi pesan yang terkandung di dalam buku lebih mudah disampaikan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan media Pop-Up Book. Mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media PopUp Book berbasis saintifik pada tema Sejarah Peradaban Indonesia Sub Tema Kerajaan Islam di Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi pada Oktober 2018. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kevalidan produk dinilai dengan cara menyebar angket validasikepada validator ahlimateri, validator ahli media. Kepraktisan media dinilai dengan menyebar angket pada guru danpesertadidik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Saintifik Pada Tema Sejarah Peradaban Indonesia Sub Tema Kerajaan Islam di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar (1) Media Pop-Up Book berbasis saintifik terdapat bagian yang apabila halaman buku dibuka terdapat gambar yang bergerak. (2) Memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli media memperoleh nilai 3,78 dengan kategori “Sangat Valid” dan layak di uji cobakan, hasil uji ahli materi memperoleh nilai 3,5 dengan kategori “Sangat Valid” dan layak di uji cobakan. Selanjutnya kepraktisan media Pop-Up Book dari respon uji kelompok kecil peserta didik memperoleh nilai 3,91 dengan kategori “Sangat Praktis” dan uji perorangan peserta didik memperoleh nilai 3,87 dengan kategori “Sangat Praktis”, respon guru diperoleh nilai 3,91 dengan kategori “Sangat Praktis”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AULIA LUTHFA MARSHUSHA |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 02:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2019 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6937 |
Actions (login required)
View Item |