PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT

Nuranisa, Dedek (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
Cover.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
Daftar Rujukan.pdf - Published Version

Download (434kB)
[img] Text (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN 76/IX MENDALO DARAT)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini didasari dari hasil observasi yang telah ditemukan permasalahan yaitu rendahnya keterampilan komunikasi siswa, dan ditemukan bahwa penyebabnya yaitu karena proses pembelajaran di kelas menggunakan metode konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran yang bervariasi serta pengelolaan kondisi kelas yang masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, yang mana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan keterampilan komunikasi siswa, wawancara dan juga dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan komunikasi pada siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila, pada pra siklus rata-rata hasilnya adalah 38,09%. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 48,14%. Pada siklus I pertemuan II rata-ratanya 56,94%. Setelah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan, pada siklus II pertemuan I diperole hasil 67,59% dan pada siklus II pertemuan II diperoleh hasil 76,7%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 76/IX Mendalo Darat sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. This research aims to determine the improvement of students' communication skills through the Problem Based Learning model. This research is based on the results of observations that have found problems, namely low student communication skills, and it was found that the cause was because the learning process in the classroom used conventional methods and did not use a variety of learning media and the management of classroom conditions was still low. This research is classroom action research which consists of 2 cycles, where the data taken is in the form of observation data through observation sheets observing students' communication skills, interviews and also documentation. This research uses the Kemmis & Taggart model which consists of 4 stages, namely planning, action, observation and reflection. The results of the research showed that there was an increase in communication skills among students in Pancasila Education learning, in the pre-cycle the average result was 38.09%. In cycle I, meeting I, the average value obtained was 48.14%. In cycle I, meeting II, the average was 56.94%. After improvements were made, there was an increase, in cycle II, meeting I, the results were 67.59% and in cycle II, meeting II, results were 76.7%. Based on the research results, it shows that the application of the Problem Based Learning model can improve students' communication skills in Pancasila Education learning in class IV SDN 76/IX Mendalo Darat so that it can be used as an alternative learning model in Pancasila Education subjects.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model Problem Based Learning, keterampilan komunikasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NURANISA
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:58
Last Modified: 23 Jul 2024 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69463

Actions (login required)

View Item View Item