Yuda, Marta Prima (2024) OPTIMALISASI FUNGSI MANAJEMEN PADA SUPERVISI DI RUANG JANTUNG RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMB. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
FULL KIAN (KARYA ILMIAH AKHIR NERS).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN-PENGESAHAN.pdf Download (388kB) |
Abstract
Supervisi merupakan fungsi manajemen pengarahan yang perlu dilakukan oleh perawat manajer secara terstruktur dan sistematis. Supervisi adalah aktivitas dari fungsi pengarahan. Supervisi di ruang Jantung RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi memerlukan perencanaan pembuatan jadwal yang tersusun secara terstruktur, agar dapat dimplementasikan dengan baik dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan secara tepat serta professional. Pada masalah ini akan berdampak terhadap tingkat pelayanan dan perbedaan persepsi bawahan dengan atasan apabila terjadi permasalahan. Penelitian menggunakan metode observasi dan wawancara. Intervensi dilakukan selama 2 hari sebagai alternatif untuk pemecahan masalah ini ialah melakukan pembuatan jadwal supervisi yang tetap di ruangan. Selama 5 hari pengamatan, supervisi sudah dilaksanakan ruangan susai dengan jadwal yang sudah dibuat sebelumnya. Diharapkan ini dapat memberikan acuan dan berguna sebagai pedoman terkait jadwal supervisi di ruangan agar terlaksana supervisi dengan rutin dan menjadi lebih optimal. Supervision is a management function of direction that needs to be carried out by nurse managers in a structured and systematic manner. Supervision is an activity of the direction function. Supervision in the Heart Room of H. Abdul Manap Hospital, Jambi City requires planning for making a structured schedule, so that it can be implemented properly and can improve health services appropriately and professionally. In this problem, it will have an impact on the level of service and differences in perception between subordinates and superiors if problems occur. The study used observation and interview methods. The intervention was carried out for 2 days as an alternative to solving this problem, namely making a permanent supervision schedule in the room. During the 5 days of observation, supervision has been carried out in the room according to the previously made schedule. It is hoped that this can provide a reference and be useful as a guideline regarding the supervision schedule in the room so that supervision can be carried out routinely and become more optimal
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supervisi, manajemen, optimalisasi supervision, management, optimization |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Marta Prima Yuda |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 04:15 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |