pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, Kurikulum 2013.

MIRISTIKA AINER, RETNO pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, Kurikulum 2013. JURNAL pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, Kurikulum 2013..

[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTA ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

ABSTRAK Ainer, Retno, Miristika. 2019. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik di Kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Kamarudin, M.Pd., dan (II) Drs. Akhyaruddin, M.Hum. Kata-kata kunci : pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Untuk mengetahui guru bahasa Indonesia merencanakan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi, (2) Untuk mengetahui guru bahasa Indonesia melaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi, (3) Untuk mengetahui guru bahasa Indonesia mengevaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Hasil penelitian bahwa (1) Pada tahap perencanaan pembelajaran, guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi menggunakan silabus yang telah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai pedoman penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru menerapkan pendekatan saintifik dalam langkah-langkah pembelajaran, khususnya dalam kegiatan inti pembelajaran. Kegiatan pokok dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan tidak dapat terlaksana seluruhnya dalam satu kali pertemuan karena terkendala waktu dan kemampuan siswa dalam menyerap materi pembelajaran yang tidak merata, dan (3) Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik sesuai Kurikulum 2013 dilakukan guru dalam satu kali pertemuan. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk penilaian hasil belajar yang mengukur aspek pengetahuan dan aspek keterampilan (KI 3 dan KI 4). Simpulan dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkan bahwa kegiatan pendekatan saintifik direncanakan pada komponen langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia menunjukkan bahwa langkah-langkah kegiatan dalam pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan tampak dalam kegiatan pembelajaran, evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berupa penilaian hasil pembelajaran yang meliputi penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada lembaga-lembaga pendidikan untuk menggunakan penelitian ini sebagai penyedia teori berkaitan dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa. Para guru disarankan untuk lebih cermat dalam menyusun RPP. Pihak sekolah dan dinas pendidikan hendaknya terus memberikan pelatihan terkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Peneliti lain disarankan untuk mengadakan penelitian lanjutan terkait implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RETNO MIRISTIKA AINER
Date Deposited: 28 Jan 2019 03:10
Last Modified: 28 Jan 2019 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6954

Actions (login required)

View Item View Item