PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROYEK PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA

TUKAN, MARIA NOVITA PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROYEK PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA. JURNAL PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS PROYEK PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (400kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Tukan, Maria Novita. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Proyek Pada Materi Laju Reaksi Di Kelas XI SMA: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing I Dra. M Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes, Pembimbing II Drs. Haryanto, M.Kes Kata Kunci: lembar kerja peserta didik elektronik berbasis proyek, laju reaksi Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas XI SMA di Kota Jambi dalam memahami materi laju reaksi. Oleh karena itu Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mendesain bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik elektronik untuk membantu siswa dalam belajar, mengembangkan konsep, melatih siswa menemukan memecahkan masalah dan mengembangkan keterampilan proses. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis proyek pada materi laju reaksi di kelas XI SMA yang layak menurut ahli, serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap lembar kerja peserta didik elektronik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Four D) yang terdiri tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Untuk tahap penyebarluasan tidak dilakukan dikarenakan ketebatasan waktu penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Data kualitatif berupa angket ahli media dan materi yang dianalisis dan ditarik kesimpulan mengenai hasil yang diperoleh. Sedangkan data kuantitatif berupa respon guru dan siswa menggunakan presentase kelayakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk dinyatakan baik dan sesuai oleh ahli materi dan ahli media. Hasil respon siswa SMAN 9 Kota Jambi pada uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan respon guru masing-masing diperoleh presentase 84,9% dengan katergori sangat baik, 84,17% dengan kategori sangat baik dan 84,6% dengan katergori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik berbasis proyek pada materi laju reaksi di kelas XI SMA ini layak dan menarik serta dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran materi laju reaksi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: MARIA NOVITA TUKAN
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:40
Last Modified: 28 Jan 2019 04:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item