OPTIMALISASI PELAKSANAAN OPERAN DI RUANG RAWAT INAP VIP RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI TAHUN 2024

Saputri, Wahyu Eka (2024) OPTIMALISASI PELAKSANAAN OPERAN DI RUANG RAWAT INAP VIP RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (252kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text
KIAN WAHYU EKA SAPUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT Handover is a method used to convey information during a shift change to provide information about the patient's condition. The purpose of handover is to create accurate and reliable communication about the tasks that will be continued by the next shift. Ineffective handover can increase the risk of medication errors, therapy delays, patient dissatisfaction and make patient hospitalization longer. From the results of observations in the VIP inpatient room at H. Abdul Manap Hospital, Jambi City, it was found that the handover implementation was not optimal, therefore the author is interested in providing an implementation to optimize the handover implementation in the VIP inpatient room at H. Abdul Manap Hospital, Jambi City. The method used is to provide implementation through roleplay which is then evaluated by observation on different days. It is known that 9 out of 16 health workers in the VIP inpatient room took part in roleplay activities, with the results obtained including handover held at shift change, handover led by the team leader followed by team members with the results of the handover documented in the handover book, handover carried out at the nurse station followed by handover with the patient and return to the nurse station. Health workers ask about patient complaints during the handover, and pray together before and after the handover. It was concluded that there were changes after being given implementation in the form of roleplay related to the handover. Keywords : Handover, Effective Communication, Patient Safety. ABSTRAK Operan merupakan metode yang digunakan dalam menyampaikan informasi saat pergantian shift untuk memberikan informasi terkini terkait kondisi pasien. Tujuan operan adalah untuk membangun komunikasi yang akurat dan reliabel tentang tugas-tugas yang akan dilanjutkan oleh shift berikutnya agar layanan keperawatan berlangsung aman dan efektif. Operan yang tidak efektif dapat meningkatkan risiko terjadinya medication error, penundaan terapi, ketidakpuasan pasien dan membuat rawat inap pasien menjadi lebih lama. Dari hasil observasi di ruang rawat inap VIP RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi didapat bahwa pelaksanaan operan belum cukup optimal, oleh karena itu penulis tertarik memberikan implementasi untuk mengoptimalkan pelaksanaan operan di ruang rawat inap VIP RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi. Metode yang digunakan ialah memberikan implementasi melalui roleplay yang kemudian dilakukan evaluasi dengan observasi dihari yang berbeda. Diketahui 9 dari 16 tenaga kesehatan di ruang rawat inap VIP mengikuti kegiatan roleplay, dengan hasil yang diperoleh diantaranya operan diadakan pada saat pergantian shift, operan dipimpin oleh ketua tim diikuti oleh anggota tim dengan hasil laporan didokumentasikan di buku operan, operan dilakukan di nurse station dilanjutkan dengan operan bersama pasien dan kembali lagi ke nurse station. Pada saat operan disampaikan jumlah pasien, kelengkapan status dan dokumentasi asuhan keperawatan, tingkat ketergantungan pasien, hari rawatan, tindakan keperawatan tertentu yang akan dilanjutkan, serta catatan pasien yang sedang berada diruang tindakan dan yang dalam proses pulang. Tenaga kesehatan menanyakan keluhan pasien pada saat operan, dan dilakukan doa bersama sebelum dan sesudah operan. Disimpulkan adanya perubahan setelah diberikan implementasi berupa roleplay terkait pelaksanaan operan. Kata Kunci : Operan, Komunikasi Efektif, Keselamatan Pasien.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Operan, Komunikasi Efektif, Keselamatan Pasien
Subjects: K Law > KD England and Wales
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Wahyu Eka Saputri
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:24
Last Modified: 31 Jul 2024 04:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69569

Actions (login required)

View Item View Item