Aulia Ramadhani, Zakiyyah (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NURUL ILMI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul_Cover.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Berdasarkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, stres kerja adalah masalah besar yang menyebabkan 9,8% gangguan mental emosional dan 35% kematian akibat stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan stres kerja pada guru SDIT Nurul Ilmi 2 Kota Jambi. Metode: Jenis Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah 76 guru SDIT Nurul Ilmi 2 dengan teknik pengambilan Total Sampling. Analisis data menggunakan uji chi square. Kuesioner yang digunakan DASS-42 dan NIOSH Generic Job Stress Questionnaire. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menunjukan 63,2% guru mengalami stres kerja. Adapun hasil analisis bivariate menunjukan bahwa variabel beban kerja dengan kategori berat sebesar 40 (85,1%) nilai (p= 0,000), konflik peran dengan kategori tinggi sebesar 40 (87,0%) nilai (p= 0,000), hubungan interpersonal dengan kategori kurang baik sebesar 37 (84,1%) nilai (p= 0,000), tuntutan luar organisasi dengan kategori tidak ada sebesar 26 (70,3%) nilai (p= 0,311), umur dengan kategori muda sebesar 39 nilai (p=0,296), masa kerja dengan kategori baru sebesar 33 (84,6%) nilai (p= 0,000). Kesimpulan: Faktor- faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada guru SDIT Nurul Ilmi 2 adalah beban kerja, konflik peran, hubungan interpersonal, dan masa kerja. Kata Kunci: Stres kerja, Guru, Faktor Stres Kerja Background: According to the Ministry of Health of the Republic of Indonesia, work stress is a big problem that causes 9.8% of emotional mental disorders and 35% of deaths due to work stress. This research aims to find out what factors are related to work stress in teachers at SDIT Nurul Ilmi 2 Jambi City. Method: Quantitative research type with cross sectional design. The population of this research was 76 SDIT Nurul Ilmi 2 teachers using Total Sampling techniques. Data analysis used the chi square test. The questionnaires used were DASS-42 and NIOSH Generic Job Stress Questionnaire. Results: Based on the research results, it shows that 63.2% of teachers experience work stress. The results of the bivariate analysis show that the workload variable in the heavy category has 40 (85.1%) values (p= 0.000), role conflict in the high category has 40 (87.0%) values (p= 0.000), interpersonal relationships with the unfavorable category is 37 (84.1%) values (p= 0.000), demands outside the organization in the none category are 26 (70.3%) values (p= 0.311), age in the young category is 39 values (p= 0.296), length of service with a new category of 33 (84.6%) values (p= 0.000). Conclusion: Factors related to work stress in SDIT Nurul Ilmi 2 teachers are workload, role conflict, interpersonal relationships, and length of service. Keywords: Job stress, Teachers, Job Stress Factors
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stres kerja, Guru, Faktor Stres Kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | RAMADHANI |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:41 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69678 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |