PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN DAN ETIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Syahroni, Fikri Nur (2024) PERAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN DAN ETIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
pengesahan fikri.pdf

Download (423kB)
[img] Text
abstrak fikri.pdf

Download (44kB)
[img] Text
daftar pustaka fikti.pdf

Download (118kB)
[img] Text
bab 1 fikri.pdf

Download (124kB)
[img] Text
bab v fikri.pdf

Download (46kB)
[img] Text
full skripsi fikri (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Syahroni, Fikri Nur. 2024. Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Kepribadian dan Etika Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurursan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, pembimbing : (I) Drs. Arsil, M.Pd, (II) Risdalina, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Pancasila, Kepribadian dan Etika, Peserta Didik Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk kepribadian dan etika peserta didik kelas V di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Pancasila memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan etika peserta didik kelas V di sekolah dasar. Melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila, peserta didik dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Hal ini berdampak pada pembentukan kepribadian yang baik dan etika yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penguatan implementasi Pendidikan Pancasila di sekolah dasar untuk mempersiapkan generasi penerus yang memiliki kepribadian dan etika yang baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian dan etika peserta didik kelas V di sekolah dasar. Pembelajaran Pancasila tidak hanya menanamkan nilai-nilai luhur, tetapi juga mengembangkan sikap, perilaku, karakter, serta kemampuan berpikir kritis yang dibutuhkan untuk menjadi warga negara yang baik di masa depan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila, Kepribadian dan Etika, Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SYAHRONI
Date Deposited: 29 Jul 2024 07:27
Last Modified: 29 Jul 2024 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69684

Actions (login required)

View Item View Item