Linda, Linda (2024) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
Cover.pdf - Published Version Download (134kB) |
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
Abstrak.pdf - Published Version Download (129kB) |
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
BAB I.pdf - Published Version Download (166kB) |
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
BAB V.pdf - Published Version Download (89kB) |
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (104kB) |
Abstract
Pembelajaran jarak jauh menjadi alternatif pelaksanaan kegiatan belajar yang dianjurkan dan ditetapkan pemerintah selama pandemi Covid-19 yang mewabah pada tahun 2020 – 2021. Mahasiswa yang masuk perguruan tinggi pada tahun akademik 2020/2021, PJJ merupakan hal yang baru dikarenakan pada masa Sekolah Menengah Atas (SMA) belum pernah mengikuti PJJ. Selain itu, mahasiwa angkatan 2020 belum mengetahui ekosistem perkuliahan yang menerapkan Student Centered Learning. Dengan demikian diperlukan adanya kemandirian dalam kegiatan belajar agar tujuan dan hasil belajar mahasiswa dapat tercapai dengan baik terutama selama PJJ berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran jarak jauh dalam kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020 FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 4 mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan pemilihan informan dengan teknik purposive sampling. Data yang ditemukan dianalisis dengan teknik analisis data yang disusun oleh Miles & Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah menunjukkan adanya sikap berinisiatif dalam yakni mempersiapkan diri sebelum belajar, bertanya, menjawab/menyanggah atas kemauan sendiri, dan mencari sumber belajar diluar yang telah disediakan. Selanjutnya mahasiswa menunjukkan sikap bertanggung jawab dengan menentukan tujuan belajar, mengetahui kelebihan dan kelemahannya, berpartisipasi aktif, mengerjakan semua tugas dan siap menerima konsekuensi atas perilakunya selama kegiatan belajar. Namun sikap disiplin dan percaya terhadap kemampuan diri mahasiswa masih dikatakan kurang. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh memberikan dampak yang cukup baik dalam membentuk dan mengembangkan kemandirian belajar mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 FKIP Universitas jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Dampak, Pembelajaran Jarak Jauh. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Linda |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 02:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 02:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |