Pengaruh Literasi Keuangan dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 12 Muaro Jambi

Pratama Lubis, M. Boby Darmawan (2024) Pengaruh Literasi Keuangan dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 12 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSI.pdf

Download (417kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

M. Boby Darmawan Pratama Lubis 2024. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung Siswa SMA Negeri 12 Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd, (2) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Literasi keuangan, uang saku, perilaku menabung Penelitian ini dilatar belakangi adanya peningkatan kebutuhan bagi pelajar sehingga harus dipenuhi yang terdiri dari alat tulis menulis, buku, biaya transportasi dari rumah ke sekolah dan sebaliknya serta alat penunjang lainnya yang menjadi keperluan pada saat sekolah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentunya siswa dituntut untuk memiliki tabungan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan dan Uang Saku terdapat Perilaku Menabung Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas 12 Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai t hitung pada variabel Literasi keuangan (X1) adalah sebesar 8.521 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Karena nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka Ha1 diterima, artinya secara parsial variabel independen Literasi keuangan (X1) berpengaruh terhadap peningkatan perilaku menabung siswa (Y) dikarenakan bebaerapa siswa telah memiliki pengatahuan dalam mengelola keuangan mereka, peran serta orang tua dan guru yang terus mengingatkan siswa untuk menabung, siswa juga menabung untuk keperluan tugas dan sekolah mereka di masa yang akan datang. Hasil nilai t hitung pada variabel uang saku (X2) adalah sebesar 3.785 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Karena nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka Ha1 diterima Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha2 diterima, artinya secara parsial variabel independen Uang saku (X2) berpengaruh terhadap peningkatan perilaku menabung siswa (Y) dikarenakan uang yang diberikan telah disisihkan untuk menabung yang diberikan oleh orang tua, uang saku yang diterima siswa masih dapat digunakan untuk menabung. Dari hasil penelitian ini disarankan agar diperlukan pengaturan diri supaya tidak terpengaruh oleh hal yang kurang bermanfaat dan perlu adanya pengalokasian uang saku yang diterima dari pemberian orang tua untuk ditabung sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, uang saku, perilaku menabung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: LUBIS
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:14
Last Modified: 13 Aug 2024 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/69726

Actions (login required)

View Item View Item