STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN GERAKAN LITERASI DI SD ISLAM AL FALAH JAMBI

KUSUMA, ANANDA (2019) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENERAPKAN GERAKAN LITERASI DI SD ISLAM AL FALAH JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Kusuma, Ananda. 2019. Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Gerakan Literasi di SD Islam Al Falah Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Strategi, kepala sekolah, Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi kepala sekolah dalam menerapkan gerakan literasi di SD Islam Al Falah Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Falah Jambi pada pertengahan bulan November hingga bulan Desember 2018. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama kepala sekolah yang menjadi sumber utama, kemudian wawancara bersama guru kelas yang hasilnya sebagai data pendukung dari sumber utama, serta observasi mengenai ketersediaan sarana prasarana sebagai pendukung strategi kepala sekolah. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis terhadap instrumen tersebut secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Kepala Sekolah dalam menerapkan gerakan literasi sekolah meliputi menyediakan sudut baca disetiap kelas, menyediakan area baca di koridor kelas, menciptakan lingkungan yang kaya akan pengayaan teks, mengelola perpustakaan sekolah, memiliki terget bagi seluruh siswa yaitu membaca buku minimal 5 buku dalam sebulan, kemudian orang tua turut serta dalam kegiatan literasi dengan ikut menyumbangkan buku. Strategi Kepala Sekolah tersebut diimplementasikan kedalam program sekolah mengenai kegiatan yang mendukung literasi berupa penjadwalan bagi setiap kelas yang berkunjung ke perpustakaan sekolah dilakukan 2 kali dalam sebulan bagi setiap kelas, mengadakan kegiatan literasi setiap hari jumat pagi, dan memberikan penghargaan terhadap pelaksanaan kegiatan literasi. kegiatan literasi dikembangkan oleh setiap kelas, seperti membaca dan menulis dengan memanfaatkan sudut baca kelas. Komitmen pelaksanaan penerapan gerakan literasi sekolah yang realisasikan kedalam penyediaan sarana dan prasarana yang memadai merupakan faktor pendukung dari penerapan gerakan literasi sekolah di SD Islam Al Falah Jambi. Namun faktor penghambat dari penerapan literasi ini adalah kurang pelatihan guru, terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan mengikuti kegiatan literasi. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar sekolah dapat memberikan pelatihan khusus kepada guru agar dapat menjalankan literasi dengan baik. Di samping itu, Kepala Sekolah sebagai salah satu tugasnya yaitu manajerial, maka harus dapat mengatur strategi yang tepat dalam penerapan gerakan literasi dalam hal ini adalah menyediakan fasilitas yang mendukung terlaksananya kegiatan literasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ANANDA KUSUMA
Date Deposited: 29 Jan 2019 02:55
Last Modified: 29 Jan 2019 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item