PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERLIBATAN BELAJAR MAHASISWA ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI

Andri Yani, Mince and Sofyan, Sofyan and Sudagar, Ferdiaz (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERLIBATAN BELAJAR MAHASISWA ADMINISTRASI PENDIDIKAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (20). ISSN 2549-4236

[img] Text
JURNAL MINCE ANDRI YANI.doc

Download (124kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mahasiswa Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi yaitu, mahasiswa di Universitas Jambi semakin aktif dalam menggunakan media sosial, termasuk Facebook, Twitter, dan Instagram, sebagai bagian dari kehidupan digital mereka. Terdapat keluhan dan kesulitan yang diungkapkan oleh mahasiswa terkait dengan gangguan dan distraksi yang diakibatkan oleh penggunaan media sosial saat belajar. Informasi palsu atau berita palsu memiliki kehadiran di media sosial yang digunakan oleh mahasiswa, dan ini dapat mempengaruhi pemahaman mereka. Masalah privasi dan keamanan data mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode artinya metode dalam menguji teori dengan menguji korelasi antar variabel yaitu media sosial (X) dan keterlibatan siswa (Y), dengan sampel 94 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Media Sosial (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keterlibatan Belajar (Y) mahasiswa Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pengaruh ditimbulkan oleh Media Sosial (X) terhadap Keterlibatan Belajar (Y) bernilai positif, yang artinya semakin baik pemanfaatan media sosial maka media memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan belajar Mahasiswa yang memanfaatkan media sosial dengan baik khususnya untuk memperluas wawasan dan menambah ilmu pengetahuan. Secara simultan variabel Media Sosial terhadap keterlibatan belajar memiliki pengaruh yang signifikan yaitu dengan nilai sig < Alpha (α = 5%) yaitu 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,451 atau 45,1% dan sementara sisanya 54,9 % di pengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar penelitian.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Yani
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:49
Last Modified: 23 Aug 2024 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70005

Actions (login required)

View Item View Item