PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 76/IX MENDALO DARAT

Juniza, Peno (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 76/IX MENDALO DARAT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Juniza, Peno. (2024). “Peningkatan Keterampilan Kolaboratif Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 76/IX Mendalo Darat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S. PD,.M.SI, (II) Violita Zahyuni, S.PD., M. PD. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keterampilan Berkolaborasi, Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IVA SDN 76/IX Mendalo Darat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SDN 76/IX Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran problem- based learning mampu meningkatkan keterampilan berkolaborasi peserta didik pada pembelajaran matematika. Hal ini karena peserta didik mengalami peningkatan keterampilan berkolaborasi dengan memperhatikan tiap indikator keterampilan berkolaborasi yang dapat terlihat pada setiap siklus. Hasil yang diperoleh keterampilan berkolaborasi peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu sebesar 58,13% dengan kategori Kurang dan pertemuan II yaitu sebesar 66,46% dengan kategori Cukup. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 72,50% dengan kategori Baik dan pertemuan II juga mengalami peningkatan menjadi 77,92% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran problem-based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di kelas IVA SDN 76/IX Mendalo Darat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keterampilan Berkolaborasi, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Juniza
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:13
Last Modified: 15 Aug 2024 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70010

Actions (login required)

View Item View Item