PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ELEMEN GEOMETRI KELAS V SEKOLAH DASAR

Hasanah, Shaqila Meitha (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ELEMEN GEOMETRI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover qila.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak Qila.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I Qila.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V Qila.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (434kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL QILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (748kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hasanah, Shaqila Meitha, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Elemen Geometri Kelas V SD: Jurusan pendidikan anak usia dini dan dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Maryono, M.Pd. pembimbing II Akhmad Faisal Hidayat, M.Pd. Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran video animasi, powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk untuk (1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada elemen geometri kelas V Sekolah Dasar, (2) Untuk mendeskripsikan tingkat validitas desain media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada elemen geometri kelas V Sekolah Dasar, (3) Untuk mendeskripsikan tingkat validitas produk media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada elemen geometri kelas V Sekolah Dasar, (4) Untuk mendeskripsikan tingkat kepraktisan media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada elemen geometri Matematika SD. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Dengan data kualitatif berupa hasil wawancara dan pengamatan serta data kuantitatif berupa skor dari validator desain dan produk, serta skor angket kepraktisan peserta didik dan guru. Penelitian ini dilakukan di SD N 132/1V Kota Jambi. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada pembelajaran matematika elemen geometri kelas V SD desain memperoleh skor 4,85 dengan kategori sangat valid, validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kategori sangat valid dan hasil angket respon guru diperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon peserta didik uji coba kelompok kecil di peroleh skor rata-rata 4,5 dan kelompok besar diperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi powtoon pada pembelajaran matematika elemen geometri kelas V SD sangat valid dan praktis. Keywords: Development of animated video learning media, powtoon This research aims to (1) Describe the development procedure animated video learning media using the powtoon application on elements fifth grade elementary school geometry, (2) To describe the level of validity design animated video learning media using the powtoon application on geometric elements for class V Elementary School, (3) To describe the level validity of animated video learning media products using the powtoon application on geometric elements for class V Elementary School, (4) To describe the level Practicality of animated video learning media using the Powtoon application on geometric elements of elementary mathematics. This research method is Research and Development (R&D) with using the ADDIE model (analyze, design, develop, implement and evaluation). The data in this research are qualitative data and data quantitative. With qualitative data in the form of interviews and observations as well Quantitative data in the form of scores from design and product validators, as well as questionnaire scores practicality of students and teachers. This research was conducted at SD N 132/1V Kota Jambi. The results of this research and development are in the form of animated video learning media using the powtoon application in learning mathematics geometric elements Class V elementary school design obtained a score of 4.85 in the very valid, validation category The material obtained an average score of 4.5 with a very valid category. Validation results by media experts obtained an average score of 4.9 with a very valid category. Results validation by linguists obtained an average score of 4.6 with a very valid category and the results of the teacher response questionnaire obtained an average score of 4.9 in the very category Practically, the results of the questionnaire responses from small group trial students obtained scores an average of 4.5 and the large group obtained an average score of 4.9 in the very category practical. Based on the results of this research, it can be concluded that learning media animated video using the powtoon application for learning mathematics Geometry elements for class V elementary school are very valid and practical.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Development of animated video learning media, powtoon Pengembangan media pembelajaran video animasi, powtoon.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: HASANAH
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:35
Last Modified: 22 Aug 2024 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70049

Actions (login required)

View Item View Item