Utami, Nadia Rahmatul Analisis Kelayakan Buku Teks Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar ditinjau dari Aspek Isi, Penyajian, Kebahasaan dan Kegrafikan. Universitas Jambi.
![]() |
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (73kB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika saat ini, khususnya pada jenjang sekolah dasar sudah menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Hal ini sejalan dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, yang menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada sekolah dasar dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu, kecuali untuk mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri untuk kelas IV, V, dan VI. Pembelajaran Matematika di sekolah dasar perlu didukung oleh buku teks pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013. Buku teks pelajaran wajib memenuhi nilai/norma positif yang berlaku di masyarakat, antara lain tidak mengandung unsur pornografi, paham ekstrimisme, radikalisme, kekerasan, SARA, bias gender, dan tidak mengandung nilai penyimpangan lainnya. Sehingga dibutuhkanlah penelitian untuk mengetahui lebih jauh mengenai kelayakan buku teks pelajaran yang telah digunakan, khususnya pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan buku teks pelajaran Matematika di sekolah dasar ditinjau dari aspek isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis konten. Subjek dari penelitian ini adalah buku teks pelajaran Matematika yang digunakan di SD Islam Al Falah Kota Jambi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Depositing User: | NADIA RAHMATUL UTAMI |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 05:22 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 05:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |