PRASETIA DEVI, ISMAWAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERBENTUK PILIHAN GANDA UNTUK SISWA SMA KELAS XI. JURNAL PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BERBENTUK PILIHAN GANDA UNTUK SISWA SMA KELAS XI.
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (447kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (154kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Devi, Ismawan Prasetia. 2019, Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Berbentuk Pilihan Ganda untuk Siswa Kelas XI: Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M.Si.,(II) Fibrika Rahmat Basuki, S.Pd, M.Pd., Kata Kunci: Instrumen penilaian, pilihan ganda, keterampilan proses sains. Keterampilan proses adalah keterampilan fisik dan mental terkait dengan kemampuan-kemampuan yang mendasar yang dimiliki, dikuasai, dan diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah, sehingga para ilmuan berhasil menemukan sesuatu yang baru. Dalam Kurikulum 2013 penilaian dilakukan terhadap kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Diketahui bahwa penilaian keterampilan proses sains di sekolah khususnya di kota Jambi belum ada sekolah yang menggunakan penilaian keterampilan proses sains dengan menggukan instrumen berbentuk pilihan ganda. Oleh karena itu, tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrument peniaian keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda sebagai alternatif penilaian. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti berupa penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini dibatasi hingga sampai pada tahapan desain. Dimulai dengan studi pendahuluan yaitu dengan menggunakan angket yang disebarkan di sekolah. Kemudian merumuskan tujuan dan mendesain instrumen. Kemudian soal yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli. Pengambilan data validasi instrumen penilaian adalah dengan menggunakan angket yang diberikan pada tim ahli. Setelah instrumen telah selesai dikembangkan kemudian diuji cobakan di sekolah. Subjek uji coba adalah SMA N 1 dan SMA N 5 Kota Jambi yang berjumlah 100 partisipan. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan program Anates. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil yaitu berupa produk instrumen penilaian keterampilan proses sains. Soal yang dikembangkan adalah soal keterampilan proses sains berbentuk pilihan ganda. Dari hasil pengembangan instrument pilihan ganda yang telah dilakukan didapat reliabilitas soal pada angka 0,93. Daya pembeda pada kategori cukup yaitu 20%, kategori baik yaitu 16% dan baik sekali yaitu 64%. Tingkat kesukaran pada kategori mudah 8%, kategori sedang yaitu 80% dan sukar 12%. Secara umum soal dinyatakan valid.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Ismawan Prasetia Devi |
Date Deposited: | 30 Jan 2019 09:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 09:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7014 |
Actions (login required)
View Item |