PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DILENGKAPI MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII SMPN 17 KOTA JAMBI

Imellia, Reza PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DILENGKAPI MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII SMPN 17 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DILENGKAPI MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII SMPN 17 KOTA JAMBI.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (492kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Imellia, reza. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Dilengkapi Media Video terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati kelas VII SMPN 17 Kota Jambi”: Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I): Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., (II) Ali Sadikin, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Model Problem Based Instruction, Kemampuan berpikir kritis. Salah satu permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan dalam diri siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep, peka akan masalah yang terjadi, mampu memahami dan menyelesaikan masalah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa yaitu metode pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran PBI dilengkapi media video terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 23 November – 6 Desember 2018. Instrument yang digunakan berupa tes essay (uraian) dan wawancara. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata ketercapaian indikator pada kelas eksperimen 73,75 sedangkan pada kelas kontrol 69,44. Hasil rata-rata analisis gain, didapatkan hasil pada kelas eksperimen 53,78 yang berarti nilai selisih antara pre-test dan post-test sedang, sedangkan pada kelas kontrol didapatkan 49,86 yang berarti sedang. Hasil analisis uji-t yang dilakukan, diperoleh bahwa thitung 2,95 ≥ 1,99 ttabel pada taraf kepercayaan 95% sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak . Hasil wawancara pada siswa menunjukkan respon yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaan Problem Based Instruction (PBI) dilengkapi media video berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: REZA IMELLIA
Date Deposited: 30 Jan 2019 09:24
Last Modified: 30 Jan 2019 09:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item