Safitri, sa (2020) TINJAUAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (669kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (413kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (501kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (217kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (568kB) |
|
Text
Skripsi Safitri final fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Safitri, 2024. Tinjauan Implementasi Pembelajaan Berdiferensiasi di SMA Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. H. Arpizal, M.Pd., (II) Romi Kurniadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Tinjauan, Pembelajaran, Berdiferensiasi Pemerintah melakukan pembelajaran berdiferensiasi agar tidak hanya hasil yang diukur tetapi juga bagaimana cara pembelajarannya juga bisa diukur dari suatu kebutuhan siswa, apakah dari gaya belajar, cara belajar dan materi belajar. Namun, ketika pembelajaran berdiferensiasi diimplementasikan, terdapat kekeliruan dalam mempraktikkan pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasidi SMA Negeri 1 Kota Jambi.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait pembelajaran berdiferensiasi. Pemetaan kebutuhan belajar siswa meliputi tujuan, strategi, tantangan, dan kendala dalam menyusun pembelajaran yang sesuai dengan MBKM. Strategi yang digunakan mencakup analisis LKPD, pretest, kolaborasi guru, perencanaan dan evaluasi pembelajaran, serta pemetaan kognitif. Kendala yang muncul termasuk hambatan komunikasi, kurangnya waktu, serta tantangan dalam berkolaborasi dengan orang tua dan memperoleh dukungan sumber daya yang memadai. Instruksi berdiferensiasi melibatkan beberapa komponen kunci untuk meningkatkan pengalaman belajar dengan memenuhi kebutuhan dan kemampuan unik setiap siswa. Komponennya adalah Asesmen Diagnosis, Sumber Belajar, dan Komunitas Belajar. Sekolah mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung dengan cara: mengevaluasi secara menyeluruh, siswa yang heterogen, instrumen evaluasi, Observasi guru, keberhasilan evaluasi, umpan balik refleksi dari siswa, pengukuran keberhasilan evaluasi, cara merefleksi keefektifan pembelajaran. Meskipun demikian, terdapat juga beberapa tantangan yang dihadapi saat proses pembelajaran berdiferensiasi karena siswa yang beragam, kurangnya sumber daya yang memadai. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan perlunya menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi untuk memungkinkan guru mengembangkan strategi yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Sekolah juga perlu meningkatkan sumber daya manusia dengan memberikan peluang bagi guru untuk mengikuti workshop, pelatihan, dan kegiatan sosialisasi yang bertujuan memperkaya pemahaman mereka dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tinjauan, Pembelajaran, Berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SAFITRI |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:17 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70197 |
Actions (login required)
View Item |