MULANDARI, NOVI engaruh Model Pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS)terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 6 Muaro Jambi. JURNAL engaruh Model Pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS)terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 6 Muaro Jambi.
Text
0. COVER SKRIPSI 2.pdf Download (152kB) |
|
Text
pegesahan dekan.pdf Download (477kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB_1(Repaired).pdf Download (145kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Mulandari, Novi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS)terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Upik Yelianti, M.S (II) Dr. Dra. Hj. Evita Anggereini, M.Si. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran dooble-loop problem solving Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan true eksperimen, desain yang digunakan pretes-postes group kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Muaro Jambi yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS), sedangkan pada kelas kontrol tanpa model pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS). Untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada aspek kognitif digunakan uji-t dengan ketentuan, data terdistribusi normal, dan bervarian homogen.Dari perhitungan statistik dapat dilihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi siswa kelas X MIA pada kelas eksperimen berpengaruh dibandingkan dengan perolehan nilai pada kelas kontrol, hal ini disebabkan dari perlakuan yang diberikan. Pada aspek kognitif bahwa kelas eksperimen (79,03) berpengaruh dibandingkan untuk kelas kontrol (75,65). Rata-rata aspek afektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen (70,59) berpengaruh dari pada kelas kontrol (67,11). Skor aspek psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen (75,48) berpengaruh dari pada kelas kontrol (67,70). Berdasarkan uji-t pada aspek kognitif diperoleh thitung sebesar 3,57, afektif sebesar 2,45 dan psikomotor sebesar = 3,869. Pada taraf kepercayaan 95% diperoleh ttabel sebesar 2,01sehingga hipotesis diterima untuk ketiga aspek tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Muaro Jambi. Berdasarkan temuan penelitian ini, maka disarankan kepada guru untuk melakukan pengajaran dengan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya model pembelajaran Dooble-Loop Problem Solving (DLPS).
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | NOVI MULANDARI |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 04:46 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 04:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7031 |
Actions (login required)
View Item |