IQBAL, MUHAMMAD (2024) Penerapan Reading Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Sederhana Di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SELESAI SKRIPSIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad, Iqbal. 2024. Penerapan Reading Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Sederhana Di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I., (2) Salman Hasani, M.Pd. Kata Kunci : Reading Method, Kemampuan Membaca, Pembelajaran Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan bagaimana penerapan reading method dalam meningkatkan kemampuan membaca teks sederhana bahasa arab di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi dan faktor penghambat serta usaha-usaha guru dalam meningkatkan reading method dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah kota jambi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi pada Maret 2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa, penentuan subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan reading method dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi dalam pembelajaran berjalan dengan baik dan tersusun. Namun dalam menerapkan pembelajaran guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang lain agar peserta didik tidak terlalu bosan dalam belajar bahasa arab. Faktor penghambat peserta didik dalam belajar bahasa arab yaitu tingkat kecerdasan atau intelegensi, faktor dari sosial ekonomi orang tua, motivasi dan minat, ketertarikan sedikit pun dengan bahasa arab peserta didik tidak ada, kemauan belajar bahasa arab cukup rendah. Usaha dalam meningkatkan reading method dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Ihsaniyah Kota Jambi yaitu belajar tambahan sore disekolah untuk peserta didik yang belum pandai dalam belajar bahasa arab, disekolah mulai membiaskan menyebutkan benda benda disekitar dengan bahasa arab, menambah hafalan kosakata 2 - 3 setiap hari, diajarkan menulis dan membaca teks bahasa arab yang sederhana.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Method, Kemampuan Membaca, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | IQBAL |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:16 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |