Devi, Indri Rahma and Salam, M and H, Hendra (2024) Penanaman Nilai Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Melalui Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
BAB I..pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB V..pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
COVER..pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PPUSTAKA..pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN..pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI..pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Nilai karakter adalah suatu pendidikan yang menggambarkan tentang bagaimana memunculkan suatu nilai-nilai tertentu dari peserta didik. Nilai-nilai tertentu itu banyak bisa berupa tanggung jawab, sikap, toleransi, agama dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab siswa dan mendeskripsikan solusi guru PPKn dalam penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, menggunakan Teknik Purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada dasarnya dalam setiap proses pembelajaran sudah diterapkan penanaman nilai karakter tanggung jawab untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Hasil penelitian ini mengungkapkan sebagai seorang siswa yang tugas setiap harinya belajar di sekolah seharusnya punya nilai karakter tanggung jawab, sesuai dengan indikator. Dalam hasil penelitian siswa belum memenuhi pencapaian karena dalam hasil pengamatan dan wawancara bertentangan, dalam pengamatan dan informasi wawancara dari guru PPKn juga terlihat siswa masih banyak tidak memenuhi tanggung jawabnya, sedangkan dalam wawancara menampakan hasil jawaban yang positif. Solusi guru PPKn dalam penanaman nilai karakter mempunyai peranan penting. Dalam hasil penelitian guru PPKn telah melakukan perannnya sebagai seorang guru dalam penanaman nilai karakter tanggung jawab siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Dari hasil penelitian ini hal yang bisa dilakukan siswa harus lebih bias bertanggung jawab sebagai peserta didik, dan guru harus lebih melakukan pengembangan diri dalam memberikan contoh serta teladan terbaik bagi siswanya. Character value is an education that describes how to bring out certain values from students. Certain values can be in the form of responsibility, attitude, tolerance, religion and others. This study aims to describe how to instill the character value of student responsibility and describe the Civics teacher's solution in instilling the character value of responsibility through Pancasila and civics education in class XII IPS 3 students of SMA Negeri 1 Muaro Jambi. This study uses a qualitative approach and descriptive research type, using Purposive sampling technique with data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. Data analysis techniques using data reduction, data presentation and conclusion drawing. Based on the results of the study, basically in every learning process, the cultivation of the character value of responsibility for Pancasila and Citizenship Education subjects has been applied. The results of this study reveal that as a student whose job every day is to study at school, he should have the character value of responsibility, in accordance with the indicators. In the results of the research, students have not fulfilled the achievement because the results of observations and interviews are contradictory, in observations and interview information from Civics teachers it is also seen that many students still do not fulfill their responsibilities, while in interviews the results show positive answers. Civics teacher solutions in instilling character values have an important role. In the results of the research, the Civics teacher has carried out his role as a teacher in instilling the character value of responsibility for students in class XII IPS 3 SMA Negeri 1 Muaro Jambi. From the results of this study, things that can be done students must be more biased to be responsible as students, and teachers must further develop themselves in providing the best examples and role models for their students.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, Tanggung Jawab, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Character Value, Responsibility, Pancasila and Citizenship Education |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | DEVI |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |