PENGGUNAAN TEKNIK BERNYANYI DALAM MENGHAFAL TASHRIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 6 C SD S ISLAM AL-FALAH 2 JAMBI

Pertiwi, Alda (2024) PENGGUNAAN TEKNIK BERNYANYI DALAM MENGHAFAL TASHRIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 6 C SD S ISLAM AL-FALAH 2 JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (339kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pada penelitian ini, peniliti memilih penelitian terhadap penggunaan teknik bernyanyi dalam menghafal tashrif pada pembelajaran bahasa Arab kelas 6 C, karena tujuan inti dari penelitian yang peneliti lakukan, yaitu untuk menjelaskan serta memahami tata cara pengajar untuk menangani peserta didiknya yang masih kesulitan dalam menghafal tashrif, dan untuk mengetahui kendala dan upaya guru pada pembelajaran bahasa Arab dengan teknik bernyanyi dalam menghafal tashrif di kelas 6 C. Jenis penelitian yang digunakan yaitu lapangan, dengan subjek penelitian peserta didik kelas 6 C. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber datanya ialah dari kelas 6 C, guru mata pelajaran bahasa Arab dan kepala sekolah SD S Islam Al-Falah 2 Jambi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Untuk menguji keabsahan data yang digunakan ialah dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) penggunaan teknik bernyanyi dalam menghafal tashrif pada pembelajaran bahasa Arab kelas 6 C melalui tiga tahapan dalam kegiatan belajar mengajar yaitu awal atau pendahuluan, inti, akhir atau penutup kegiatan belajar mengajar. 2.) Kendala dan upaya teknik bernyanyi dalam menghafal tashrif pada pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas 6 C yaitu untuk kendalanya, ketika ada peserta didik yang pendiam dan pemalu, dia terkadang tidak mau ikut bernyanyi dalam melafalkannya dan kondisi kelas itu sangat ramai ketika bernyanyi sehingga bisa mengganggu aktivitas belajar di kelas lain. Sedangkan untuk upayanya pada peserta didik yang pendiam dan pemalu, didampingi atau diajari untuk mempraktekkannya perlahan-lahan lalu diikuti dengan peserta didik lainnya sehingga mereka mau membuka suara dalam pembelajaran tashrif melalui teknik bernyanyi, untuk membuat kelas tidak terlalu ramai dan dilakukan dengan cara berkelompok dalam mempraktekkannya, lalu menyetorkannya pun dilakukan dengan berkelompok juga, sehingga tidak terlalu ramai kondisi kelasnya. This study is to improve the memorization of tashrif through singing techniques in Arabic language learning Grade 6 C SD S Islam Al-Falah 2 Jambi type of research used is the field, with the subject of research students Grade 6 C. This study uses qualitative techniques with qualitative descriptive approach. The data source is from Class 6 C, Arabic subject teachers and principals of SD S Islam Al-Falah 2 Jambi. Data collection techniques in this study are interviews, observation and documentation. The results showed that 1.) the use of singing techniques in memorizing tashrif in Arabic learning Class 6 C through three stages in teaching and learning activities, namely the beginning or introduction, core, end or end of teaching and learning activities. 2.) Constraints and efforts singing techniques in memorizing tashrif on Arabic language learning students Grade 6 C is for the obstacle, when there are students who are quiet and shy, he sometimes does not want to sing in reciting it and the condition of the class was very crowded when singing so that it could interfere with learning activities in other classes. As for the efforts on students who are quiet and shy, accompanied or taught to practice slowly and then followed by other students so that they want to open the voice in learning tashrif through singing techniques, to make the class not too crowded and done in groups in practice, then deposit it was done in groups as well, so it is not too crowded class conditions.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teknik Bernyanyi, Tashrif, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: PERTIWI
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:45
Last Modified: 13 Sep 2024 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70383

Actions (login required)

View Item View Item