Sari, Romayana (2024) PENGEMBANGAN WARISAN BUDAYA TAK BENDA (INTANGIBLE HERITAGE) UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PARIWISATA DI CANDI MUARA TAKUS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Aset Warisan Budaya Lokal yang berada di Desa Muara Takus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian rumus Market appeal-Robusticity Matrix dan analisis SWOT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pariwisata di Candi Muara Takus melalui aset warisan budaya lokal yang berada di Desa Muara Takus. Dari hasil rumus Market appeal-Robusticity matrix penelitian ini memperoleh 9 aset budaya yang berada pada dua klaster, B2 dan C2. Wajik Pulut Gula Aren, Pembuatan Sampan, dan Silat Bungo berada pada klaster B2 mewakili daya tarik pasar sedang dengan daya tahan aset yang rendah. Sedangkan, Mandi Balimau Kasai, Tari Piring, Musik Calempong Oguong, Lopek Bugi, Menyalai Ikan, dan Kaki Tinggi berada pada klaster C2 memiliki daya tarik pasar dan daya tahan aset yang sedang. Oleh karena itu, strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan produk dari aset tersebut yaitu dengan cara melakukan festival budaya yang dimana festival budaya tersebut akan menampilkan seni pertunjukan berupa seni tari Piring dan seni musik Calempong Oguong, selain itu dapat menampilkan Pengetahuan Tradisional berupa kuliner lokal yaitu kue Lopek Bugi dan Wajik Pulut Gula Aren, serta Teknologi Tradisional berupa souvenir dari Pembuatan Sampan dan Menyalai Ikan, serta dapat membuat sanggar seni untuk aset warisan budaya musik Calempong Oguong, Tari Piring dan Silat Bungo. Sedangkan untuk startegi promosi yang dilakukan yaitu dengan cara melakukan penyebaran brosur secara langsung di lokasi Candi Muara Takus dan penyebaran melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Youtube.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Arkeologi |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:15 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |