Sianipar, Fanny Puspasari and Firman, Firman and Candra, Alif Aditya (2024) ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA KELAS VIII E DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK FANNY PUSPASARI SIANIPAR.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB I FANNY PUSPASARI SIANIPAR.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BAB V FANNY PUSPASARI SIANIPAR.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Cover Fanny Puspasari Sianipar.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
Dapus Fanny Sianipar A1A320038.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FANNY PUSPASARI SIANIPAR.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FANNY PUSPASARI SIANIPAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Hal Pengesahan Fanny Puspasari Sianipar.pdf Download (171kB) |
Abstract
Fanny, Puspasari Sianipar. 2024. Analisis Literasi Digital Siswa Kelas VIII E Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP UniversitasJambi, Pembimbing : (1) Prof. Dr. Drs. Firman, M.Si. (2) Dr. Alif AdityaCandra, M.Pd. Kata Kunci: Literasi, Digital, Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Literasi digital dapat dilakukan melalui lembaga sekolah, literasi digital dalam konteks pembelajaran PPKn bertanggung jawab dalam pembentukan warga digital yang cerdas dan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana literasi digital siswa kelas VIII E dalam pembelajaran PPKn dan Hambatan apa saja yang dihadapi dalam literasi digital siswa kelas VIII E dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian data deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital siswa dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 16 Kota Jambi, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi siswa Kelas VIII E di SMP Negeri 16 Kota Jambi dalam pembelajaran PPKn. Hasil penelitian ini, (1) Literasi digital siswa kelas VIII E dalam pembelajaran PPKn masih perlu diperbaiki. Hal ini dikarenakan masih ada siswa yang belum terbiasa dengan penggunaan media teknologi dan tidak melakukan evaluasi atau pengecekan ulang terhadap informasi yang diperoleh. (2) Keterbatasan akses dan sarana, kurangnya keterampilan teknologi dasar, kesulitan dalam evaluasi informasi yang menjadi hambatan siswa menyebabkan kurangnya literasi digital dalam pembelajaran PPKn.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi, Digital, Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | SIANIPAR |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:10 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |