Pengembangan alat peraga lokomotif satuan pada pembelajaran matematika materi konversi satuan di kelas III sekolah dasar

Astuti, Cici Indri (2018) Pengembangan alat peraga lokomotif satuan pada pembelajaran matematika materi konversi satuan di kelas III sekolah dasar. Pengembangan alat peraga lokomotif satuan pada pembelajaran matematika materi konversi satuan di kelas III sekolah dasar. pp. 1-17.

[img] Text
Cover sampul.pdf

Download (78kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN 3.pdf

Download (763kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK Astuti, C,I. 2018. Pengembangan Alat Peraga Lokomotif Satuan Pada Pembelajaran Matematika Materi Konversi satuan Di Kelas III SD: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Alat Peraga, Lokomotif Satuan, Konversi Satuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk alat peraga lokomotif satuan, untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan alat peraga lokomotif satuan pada materi pengukuran (konversi satuan) Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menghasilkan produk alat peraga lokomotif satuan pada materi pengukuran (konversi satuan), sebagai sarana untuk membantu guru dalam menyampaikan materi mempermudahkan siswa pada pembelajaran. Alat peraga lokomotif satuan yang dikembangkan pada materi pengukuran (konversi satuan) di kelas III sekolah dasar memperoleh hasil validasi alat peraga lokomotif satuan dengan persentase keseluruhanyaitu 80% dengan kualifikasi baik dilihat dari tingkat pencapaian skala, untuk hasil keseluruhan dari ahli pembelajaran ialah 77,4% dengan kualifikasi baik, dan layak untuk diuji cobakan. Setelah diperoleh hasil validasi, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar untuk mengetahui kepraktisan alat peraga lokomotif satuan pada materi pengukuran (konversi satuan) di kelas III sekolah dasar.Hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase keseluruhan 95,45% termasuk dalam kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa alat peraga lokomotif satuan yang dikembangkan memperoleh kualifikasi sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini ialah mengetahui prosedur pembuatan produk dengan hasil berupa alat peraga lokomotif satuan. kevalidan alat peraga diperoleh dari hasil validasi alat peraga dan pembelajaran termasuk dalam kategori valid. Kepraktisan alat peraga lokomotif satuan melalui angket respon guru dan respon siswa termasuk dalam kategori sangat praktis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: CICI INDRI ASTUTI
Date Deposited: 01 Feb 2019 03:12
Last Modified: 01 Feb 2019 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item View Item