Yanora, Siska (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Takali pada Operasi Hitung Perkalian Kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Takali pada Operasi Hitung Perkalian Kelas IV Sekolah Dasar. pp. 1-15.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (41kB) |
|
Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (809kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (352kB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (256kB) |
Abstract
ABSTRAK Yanora, Siska. 2018, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Takali pada Operasi Hitung Perkalian Kelas IV Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, operasi hitung perkalian. Dalam tahap perkembangan peserta didik, kelas IV sekolah dasar termasuk tahap operasi konkret (7-11 tahun). Pada tahap ini peserta didik mulai mengembangkan kemampuan berpikir logis dan menunjukkan perilaku belajar. proses belajar dimulai dari hal yang konkret yaitu apa yang dilihat, didengar, maupun pengalaman peserta didik sendiri dari lingkungan sekitar yang dijadikannya sebagai sumber belajar. Media pembelajaran merupakan sumber belajar berupa alat yang dapat membantu guru menyampaikan pesan kepada peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan pembelajaran menjadi efektif. Media takali (tabel perkalian) yang di kembangkan berbentuk konkret.media ini dapat membantu peserta didik dalam pemahaman konsep matematika yang abstrak melalui benda konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media pembelajaran matematika takali pada operasi hitung perkalian. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Hasil penelitian kevalidan media takali (tabel perkalian). Hasil validasi media, tahap pertama diperoleh skor 61 dengan persentase 71,76% termasuk kategori “valid”. Pada tahap kedua diperoleh skor 79 dengan persentase 92,94% termasuk kategori “sangat valid”. Hasil validasi ahli pembelajaran, tahap pertama diperoleh skor 40 dengan persentase 53,33% termasuk kategori “kurang valid”. Pada tahap kedua diperoleh skor 64 dengan persentase 85,33% termasuk kategori “valid”. Hasil kepraktisan media takali (tabel perkalian) Hasil penilaian respon guru diperoleh nilai 48 dan persentase tingkat kepraktisan yaitu 96% termasuk kualifikasi “sangat praktis”. Selanjutnya hasil penilaian respon peserta didik diperoleh nilai 867 dan tingkat persentase kepraktisan yaitu 91,26% termasuk kualifikasi “sangat praktis”. Kesimpulan penelitian dan pengembangan ini ialah mengetahui prosedur pengembangan hasil berupa media pembelajaran matematika takali. kevalidan media diperoleh dari hasil validasi media dan pembelajaran termasuk dalam kategori sangat valid. kepraktisan media pembelajaran matematika takali di peroleh melalui angket respon guru dan peserta didik termasuk sangat praktis.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SISKA YANORA |
Date Deposited: | 01 Feb 2019 03:12 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7049 |
Actions (login required)
View Item |