ANALISIS IMPLIKASI PENGETAHUAN ETNOMATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BATIN XXIV

BIPATRIDE, SAGIS ANALISIS IMPLIKASI PENGETAHUAN ETNOMATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BATIN XXIV. JURNAL ANALISIS IMPLIKASI PENGETAHUAN ETNOMATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BATIN XXIV.

[img] Text
cover.pdf

Download (201kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
daftar isi pdf.pdf

Download (254kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (325kB)

Abstract

ABSTRAK Bipatride, Sagis. 2019. Analisis Implikasi Pengetahuan Etnomatematika Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Batin XXIV: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag Kata Kunci : Implikasi, Pengetahuan, Etnomatematika Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pengetahuan etnomatematika guru Sekolah Dasar di Kecamatan Batin XXIV, implementasi pengetahuan etnomatematika, dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam implementasi pengetahuan etnomatematika Sekolah Dasar di Kecamatan Batin XXIV. Penelitian ini dilakukan terhadap guru di Sekolah Dasar Negeri 117/I Gentar Alam, Sekolah Dasar Negeri 63/I Simpang Karmio, dan Sekolah Dasar Negeri 72/I Karmio yang berada di Kecamatan Batin XXIV. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 November–14 Desember 2018. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan instrumen angket, dan pendekatan kualitatif menggunakan instrumen wawancara, dan analisis dokumen RPP. Setelah data didapatkan maka data kuantitatif akan dianalisis menggunakan software SPSS 22 dan data kualitatif akan dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan guru masuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan dari hasil data angket, 40% dari 20 orang guru masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan 26,7% dari 20 orang guru masuk kategori sedang, dan 33,3% dari 20 orang guru berada pada kategori rendah. Guru sudah mengimplementasikan pengetahuan etnomatematika ke dalam pembelajaran di kelas. Dari 15 narasumber yang berhasil diwawancarai, 14 narasumber telah mengimplementasikan pengetahuan etnomatematika dalam pembelajaran. Namun belum merencanakan dengan baik dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kendala yang dihadapi oleh guru dalam implementasi pengetahuan etnomatematika cukup bervariasi, diantaranya kurangnya tingkat pengetahuan guru tentang kearifan lokal dan budaya yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika, kurangnnya buku dan sumber belajar, terbatasnya sarana dan prasarana yang dapat menunjang pelaksanaan etnomatematika, dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda. Dari hasil penelitian ini guru telah mengimplementasikan etnomatematika di Sekolah Dasar, namun di dalam RPP guru belum mencantumkan etnomatematika. Sehingga, dapat disarankan agar guru hendaknya membuat perencanaan yang baik di dalam RPP sebelum mengimplementasikan etnomatematika di kelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAGIS BIPATRIDE
Date Deposited: 01 Feb 2019 03:36
Last Modified: 01 Feb 2019 03:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7051

Actions (login required)

View Item View Item