Prototipe Media Digital Storytelling untuk Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Atas

Andreanty, Vivi (2024) Prototipe Media Digital Storytelling untuk Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN Skripsi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN_.pdf

Download (387kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI VIVI ANDREANTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Adanya permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran cerpen terkait dengan rendahnya minat belajar siswa menunjukkan bahwa dibutuhkan adanya media pembelajaran berbasis digital yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan mendeskripsikan keefektifan digital storytelling sebagai media pembelajaran serta mendeskripsikan pelaksanaan proyek digital storytelling naskah cerpen berisi nilai kehidupan oleh siswa SMA Pelita Raya Kota Jambi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan media digital storytelling ini adalah model ADDIE yang dimodifikasi oleh Branch (2009) yang terdiri atas beberapa tahapan yakni analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini hanya menerapkan tahap analisis, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai validator ahli media, guru bahasa Indonesia sebagai validator ahli materi, dan 29 siswa SMA Pelita Raya. Instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital storytelling untuk pembelajaran mengidentifikasi dan mengaplikasikan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerpen efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Media mendapatkan penilaian 92% melalui uji validator ahli media dan 93% dari uji validator ahli materi serta mendapat penilaian 80% dari penilaian persepsi siswa di kelompok besar. Berdasarkan hasil pelaksanaan proyek, siswa berhasil mengembangkan video digital storytelling yang bersumber dari naskah cerpen yang mengandung nilai kehidupan. Melalui proyek ini juga siswa meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam menulis cerpen sesuai dengan aturan penulisan cerpen serta siswa juga memperoleh keterampilan praktis terkait pemanfaatan dan pengoperasian teknologi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) prosedur penelitian dengan ADDIE menghasilkan media digital storytelling yang layak dan efektif untuk digunakan serta mengatasi permasalahan terkai minat belajar siswa. (2) Pelaksanaan proyek digital storytelling dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis cerpen siswa, dan meningkatkan literasi digital siswa. The existence of problems that occur in learning short stories related to low student interest in learning shows that there is a need for digital-based learning media that can overcome these problems. This research and development aims to describe the development and describe the effectiveness of digital storytelling as a learning medium and describe the implementation of digital storytelling projects of short story scripts containing the value of life by Pelita Raya High School students in Jambi City. The development model used in this digital storytelling media development research is the ADDIE model modified by Branch (2009) which consists of several stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. This research only applies the analysis, design, and development stages. The subjects of this research were Indonesian Language and Literature Education lecturers as media expert validators, Indonesian language teachers as material expert validators, and 29 Pelita Raya high school students. Data collection instruments were observation, interview, questionnaire, and learning document analysis. The results showed that the use of digital storytelling learning media for learning to identify and apply life values contained in short stories was effective in increasing students' interest in learning. The media received a 92% rating through the media expert validator test and 93% from the material expert validator test and received an 80% rating from the student perception assessment in the large group. Based on the results of the project implementation, students succeeded in developing digital storytelling videos sourced from short story scripts that contain life values. Through this project, students also improve their understanding and skills in writing short stories in accordance with the rules of short story writing and students also gain practical skills related to the utilization and operation of technology. From the results of the study it can be concluded that (1) the research procedure with ADDIE produces digital storytelling media that is feasible and effective to use and overcomes problems related to student interest in learning. (2) The implementation of the digital storytelling project can increase students' activeness in learning, improve students' understanding and skills in writing short stories, and increase students' digital literacy.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, digital storytelling, cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Andreanty
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:56
Last Modified: 12 Sep 2024 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70544

Actions (login required)

View Item View Item