STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU

Fakhira Tri Andini, Msy (2024) STRATEGI PEMBINA PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA NEGERI 2 LUBUKLINGGAU. S1 thesis, Administrasi Pendidikan.

[img] Text
Cover Depan.pdf

Download (988kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (457kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB V_compressed.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka,_compressed.pdf

Download (71kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (522kB)
[img] Text
SKRIPSI Msy. Fakhira Tri Andini_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)

Abstract

Fakhira Tri Andini (2024) Strategi Pembina Pramuka Dalam Meningkatkan Karakater Religius Siswa Di SMA Negeri 2 LubukLinggau Dr. Mohammad Muspawi,S.Pd.I.,M.Pd.I . Dr. Hj.Aprillitzavivaryati,M.M Kata Kunci : Strategi, Pembina Pramuka, Karakter Religius Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diambil pembina pramuka dalam meningkatkan karakter religius siswa, mengetahui apa saja kendala pembina pramuka dalam meningkatkan karakter religius di SMA Negeri 2 LubukLinggau, dan mengetahui apa solusi pembina pramuka dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Lubuk Linggau yang beralamat di di Kel. Air Kuti Kec. Lubuk Linggau Timur I Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan, Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data hasil wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data mengguanakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi pembina pramuka dalam mewujudkan karakter religius siswa adalah : a) Pembina pramuka menerapkan sistem salam dan ucapan salam kepada siswa baik saat kegiatan pramuka maupun diluar kegiatan pramuka b)Pembina pramuka menerapkan kegiatan ibadah seperti shalat,mengaji, dan doa bersama serta membentuk kelompok Bersama untuk hal tersebut agar mencapai kekompakan dan Kerjasama yang baik, c) Pembina pramuka menerapkan agar siswa bersikap yang ramah, sopan , dan santun kepada sesama guru dan teman lainnya sehingga timbul persaudaraan dan suasana yang harmonis. Kendala yang dialami pembina pramuka dalam mewujudkan karakter religius adalah : a)Motivasi siswa yang masih rendah dalam b) Siswa masih ditemukan kurang jujur dan bermalas-malasan. c) Siswa belum memahami secara inti dan penuh mengenai pentingnya kegiatan pramuka dan manfaat yang dirasakan..Solusi yang ditawarkan dan diberikan pembina pramuka untuk mengatasi kendala dalam upaya mewujudkan karakter religius adalah : 1) Memahami karakter siswa yang memang kurang motivasi dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang religius dan memberikan siswa tersebut motuvasi semangat dan arahan agar terus belajar dan maju berkembang, 2) Memberikan motivasi, arahan , dan nasehat kepada siswa-siswi di sekolah dalam kegiatan di sekolah agar karakter religius dapat diterapkan, 3) Membuat cara bagaimana agar kegiatan￾kegiatan dalam peningkatan religius tersebut tidak monoton dan tentunya menarik bagi siswa untuk diikuti selain bermanfaat untuk dirinya sendiri Fakhira Tri Andini (2024) Scoutmaster Strategy in Improving Students' Religious Character at SMA Negeri 2 LubukLinggau Dr. Mohammad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I . Dr. Hj.Aprillitzavivaryati, M.M Keywords: Strategy, Scoutmaster, Religious Character This study aims to determine what strategies are taken by scoutmasters in improving students' religious character, to find out what obstacles scoutmasters have in improving religious character at SMA Negeri 2 LubukLinggau, and to find out what solutions scoutmasters have in responding to these obstacles. This research was conducted at SMA Negeri 2 Lubuk Linggau which is located in Kel. Air Kuti Kec. Lubuk Linggau Timur I, Lubuk Linggau City, South Sumatra Province. The method used is a qualitative research method with a phenomenological approach. Data collection techniques in this study used interviews, observations and documents. Data presentation analysis techniques start from the results of collecting all interview data, observations and documents. Continued with data reduction from interviews, observations and documents. Continued with data reduction, data presentation and conclusions are drawn. While the data validity test uses data triangulation. The results of this study indicate that the Scoutmaster's strategy in realizing students' religious character is: a) Scoutmasters apply a greeting system and greetings to students both during scouting activities and outside scouting activities b) Scoutmasters apply worship activities such as prayer, reciting the Koran, and praying together and forming groups together for this in order to achieve good solidarity and cooperation, c) Scoutmasters apply so that students behave in a friendly, polite, and courteous manner to fellow teachers and other friends so that brotherhood and a harmonious atmosphere arise. The obstacles experienced by Scoutmasters in realizing religious character are: a) Student motivation is still low in b) Students are still found to be dishonest and lazy. c) Students do not fully understand the importance of scouting activities and the benefits they experience. The solutions offered and provided by scout leaders to overcome obstacles in efforts to realize religious character are: 1) Understanding the character of students who are indeed lacking in motivation to participate in religious activities and providing these students with motivation, enthusiasm and direction to continue learning and progressing, 2) Providing motivation, direction, and advice to students at school in school activities so that religious character can be applied, 3) Creating ways so that activities in increasing religiousness are not monotonous and of course interesting for students to participate in besides being beneficial for themselves.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDINI
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:23
Last Modified: 11 Sep 2024 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70566

Actions (login required)

View Item View Item