PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT SEKOLAH DASAR

Anggun Pratiwi, Novia (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBANTUAN MEDIA KERTAS LIPAT SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Novia Anggun Pratiwi. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Kertas Lipat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Matematika Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M. Pd., (II) Akhmad Faisal Hidayat., M. Pd., Kata kunci: Model Pembelajran Numbered Head Together, Media Kertas Lipat, Hasil Belajar, Pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar materi pecahan matematika kelas V sekolah dasar Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan lembar tes kepada siswa (sebagai data utama), obvservasi kegiatan guru dan siswa dan wawancara dengan guru walikelas Vb (sebagai data penunjang). Setelah lembar tes dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa model NHT yang diterapkan secara bertahap mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66%, meskipun belum mencapai target yang ditetapkan yaitu ≥75%. Pada siklus II, hasil belajar siswa semakin meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 85%, melebihi target yang ditentukan. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan media kertas lipat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung pecahan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajran Numbered Head Together, Media Kertas Lipat, Hasil Belajar, Pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PRATIWI
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:12
Last Modified: 12 Sep 2024 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70579

Actions (login required)

View Item View Item