ANALISIS PENGETAHUAN ETNOMATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUARA TEMBESI

FEBRIANI, FITRIA ANALISIS PENGETAHUAN ETNOMATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUARA TEMBESI. JURNAL ANALISIS PENGETAHUAN ETNOMATEMATIKA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUARA TEMBESI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Febriani, Fitria. 2018.Analisis Pengetahuan Etnomatematika Guru Sekolah Dasar Di Kacamatan Muara Tembesi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Pd., Ph.D, (II) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si., Kata Kunci: pengetahuan etnomatematika, Guru Sekolah Dasar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan etnomatematika guru sekolah dasar di Kecamatan Muara Tembesi, implementasi pengetahuan etnomatematika dan kendala - kendala yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan pengetahuan etnomatematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Muara Tembesi, yaitu SDN 85/I Sumber Rejo, SDN 57/I KM.V Muara Tembesi, dan SDN 1/I Pasar Muara Tembesi. Data penelitian diperoleh menggunakan dua pendekatan yaitu penekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Penggunaan pendekatan kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada guru kelas, kemudian data angket tersebut dianalisis untuk mengetahui tingkat pengetahuan etnomatematika guru kelas sekolah dasar di Kecamatan Muara Tembesi. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan mewawancarai guru kelas dan analisis dokumentasi, data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan etnomatematika guru kelas sekolah dasar di Kecamatan Muara Tembesi pada kategori Cukup. Dari 18 responden menyatakan bahwa 22% guru memiliki kategori tinggi dalam pengetahuan etnomatematika, 33% guru memiliki kategori sedang dalam pengetahuan tentang etnomatematika, 45% guru memiliki pengetahuan yang rendah tentang etnomatematika. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, dapat diketahui bahwa guru telah mengaitkan kebudayaan lokal dengan pembelajaran matematika. Analisis dokumen yang dilakukan yaitu menganalisis RPP guru kelas. Dari hasil analisis diketahui bahwa guru belum mengintegrasikan pengetahuan etnomatematika dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dari hasil penelitian ini diharapkan pembelajaran etnomatematika mampu menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna. Pengetahuan yang telah dimiliki anak yang berasal dari lingkungannya dapa bermanfaat dan di kembangkan lagi agar kebudayaan yang ada tidak hilang dan punah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FITRIA FEBRIANI
Date Deposited: 01 Feb 2019 03:55
Last Modified: 01 Feb 2019 03:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item