KAJIAN TEKNIS EKONOMIS PENGARUH GRADE JALAN TERHADAP FUEL CONSUMPTION DALAM PENGANGKUTAN OVERBURDEN PADA PT LOBUNTA KENCANA RAYA SITE DESA BELANI, MUSIRAWAS UTARA, PROVINSI SUMATERA SELATAN

Marganda, Yosep Sabar (2024) KAJIAN TEKNIS EKONOMIS PENGARUH GRADE JALAN TERHADAP FUEL CONSUMPTION DALAM PENGANGKUTAN OVERBURDEN PADA PT LOBUNTA KENCANA RAYA SITE DESA BELANI, MUSIRAWAS UTARA, PROVINSI SUMATERA SELATAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_ABSTRAK .pdf

Download (125kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_ABSTRAK .pdf

Download (125kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_BAB I .pdf

Download (130kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_COVER .pdf

Download (26kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SIDANG_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (267kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

RINGKASAN PT Lobunta Kencana Raya adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang OB removal pertambangan batubara dan mineral. Untuk sistem penambangan batubara yang dilakukan di PT Lobunta Kencana Raya adalah sistem tambang terbuka di site Musirawas Sumatera Utara, dengan metode penambangan yang dilakukan strip mine. Penggunaan alat angkut tersebut tidak dapat berjalan tanpa adanya bahan bakar minyak, bahan bakar yang digunakan adalah bahan bakar solar. Berdasarkan Kepmen ESDM No.1827 K/30/MEM./2018, maksimal kemiringan jalan angkut adalah 12%. Dengan demikian alat angkut dapat beroperasi dengan aman saat melewati jalan dengan kemiringan tersebut. Grade jalan juga dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar (fuel consumption), maka dari itu walau grade jalan sudah memenuhi standar akan tetapi fuel consumption bisa saja belum mencapai target dari perusahaan. Berdasarkan penelitian terdahulu di atas penulis akan meneliti pengaruh grade jalan terhadap fuel consumption dumptruck pada produksi Overburden dikarenakan ditempat penulis meneliti tersebut belum ada penelitian yang membahas hal tersebut. Data yang didapat dari perusahaan yaitu grade atau kemiringan jalan dari fleet produksi Overburden menuju area disposal dengan memiliki jarak ± 600 m dimana grade paling tinggi sebesar 15,17%. Sementara itu pada alat pengangkut berdasarkan kemiringan dan jarak yang ditempuh memiliki rata-rata fuel consumption 14,38 liter/jam pada bulan November 2023 sedangkan perusahaan menetapkan target fuel consumption 14 liter/jam. Berdasarkan uraian di atas, Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis statistik yakni analisis regresi menggunakan bantuan Microsoft Excel. Oleh sebab itu, penelitian ini mengangkat judul ”Analisis Pengaruh Grade Jalan Terhadap Fuel consumption Dalam Pengangkutan Overburden Pada PT Lobunta Kencana Raya Site Desa Belani, Musirawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan”. Grade jalan yang melebihi batas standar pada STA3-4 dan STA6-7 sebesar 9% dan15,17% dapat diperbaiki agar penggunaan fuel consumption menurun. Untuk memperbaiki grade berlebih menggunakan metode cut and fill dengan tanah penimbun. Perbaikan grade Perbaikan grade dengan segmen baru yang terpengaruhi yaitu pada STA3-4 dan STA4-5 digabung menjadi satu segmen baru yaitu STA3-4 dengan grade 9,45%, segmen baru STA4-5 dengan grade 0,67% dan segmen baru yaitu STA5-6 dengan grade 5,34%. Dengan pertambahan jarak hauling menjadi sebesar 670m Dibutuhkan volume cut 7.438,07 bcm dan fill 1.162,63 bcm dengan bantuan alat motor grader untuk meratakan material tersebut. Grade jalan angkut memiliki pengaruh terhadap fuel consumption, tetapi pada kondisi kosongan, setelah grade dioptimalkan fuel consumption tidak banyak berubah. Karena pada kondisi kosongan jika grade pada jalan turunan tinggi akan membuat fuel consumption lebih sedikit. Estimasi nilai fuel consumption setelah rekomendasi perbaikan kemiringan menjadi 5,66 liter/jam ketika Dump Truck bermuatan dan 1,14 liter/jam ketika Dump Truck kosongan, adapun total fuel consumption untuk hauling isi dan kosong sebesar 6,80 liter/jam dan fuel consumption idle sebesar 5,84 liter/jam sehingga fuel consumption dapat dihemat sebesar 1,740 liter/jam atau 34,81 liter/hari dan dalam satu bulan bahan bakar dapat dihemat sebesar 1.044 liter/bulan untuk satu unit Dump Truck Mercedes-Benz 2528CH. Untuk total estimasi fuel consumption dapat diketahui dengan menjumlahkan fuel consumption satu ritase dikalikan dengan 7 ritase dalam satu jam sehingga didapatkan sebesar 12,63 liter/jam. Kata kunci : Grade, Fuel consumption dan Dump Truck

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Grade, Fuel consumption dan Dump Truck
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Pertambangan
Depositing User: Marganda
Date Deposited: 20 Sep 2024 03:29
Last Modified: 20 Sep 2024 03:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70692

Actions (login required)

View Item View Item