ANALISIS KEPUTUSAN BERDONASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PENDEKATAN MODEL AIDA (Studi pada LAZ OPSEZI)

Hasanah Anjaya, Mutiara and Enggrani Fitri, Lucky and Iqbal Bafadhal, Muhamad (2024) ANALISIS KEPUTUSAN BERDONASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN PENDEKATAN MODEL AIDA (Studi pada LAZ OPSEZI). S1 thesis, Ekonomi Islam.

[img] Text
skripsi MHA 100.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover MHA.docx

Download (193kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Abstrak MHA.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1 MHA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Kesimpulan MHA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Daftar Pustaka MHA.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel AIDA secara parsial dan signifikan terhadap keputusan berdonasi dan seberapa besar variabel AIDA secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi. Populasi yang ditentukan adalah seluruh followers akun @laz_opsezi yang berjumlah 2014 followers.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan metode hair dan diperoleh responden sebanyak 80 orang dengan 2 kriteria yaitu followers aktif LAZ OPSEZI dan pernah berdonasi.Pengukuran instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas,kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda serta uji t dan f. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif secara parsial antara attention (X1), interest (X2), dan action (X4) terhadap keputusan berdonasi (Y) responden namun tidak dengan desire (X3).Jika diuji secara simultan variabel attention (X1), interest (X2), desire (X3), dan action (X4) memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berdonasi (Y) sebesar 37,6% . Hal ini menunjukkan bahwa meskipun variabel-variabel yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikan, masih ada variabel lain yang berpotensi mempengaruhi keputusan berdonasi melalui media sosial Instagram yang belum diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Instagram,AIDA,Promosi,Donasi,Keputusan Berdonasi

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: ANJAYA
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:47
Last Modified: 27 Sep 2024 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70752

Actions (login required)

View Item View Item