Hutauruk, Tio Pani (2024) Pengaruh Penggunaan E-money, Uang Kartal dan E-commerce terhadap Produk Domestik Bruto. S1 thesis, Ekonomi Pembangunan.
Text
MY SKRIPSI 02_Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (31kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (379kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (473kB) |
|
Text
Halaman pengesahan dan persetujuan .pdf Download (405kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text
KESIMPULAN.pdf Download (193kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengamati perkembagan dan pengaruh jangka pendek serta jangka panjang dari variabel e-money, uang kartal, dan e-commerce terhadap PDB Indonesia selama periode 2010 – 2022. Pada penelitian ini Data yang diaplikasikan adalah data sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber, seperti Bank Indonesia, BPS, Jurnal Ekonomi, dan beberapa buku pendukung lainnya. Teknik Analisis yang digunakan dalam memperoleh hasil data penelitian yaitu dengan menggunakan model Vector Error Correction Model (VECM). Analisis Penelitian menjelaskan bahwa: (1) rata-rata perkembangan e money pada tahun 2010-2022 adalah sebesar 68,58 persen, uang kartal sebesar 10,96 persen, dan e-commerce sebesar 39,92 persen; (2) e-money tidak signifikan pada jangka pendek dan berdampak negatif terhadap PDB. Begitu pula untuk jangka panjang e-money tidak signifikan dan berdampak negatif terhadap PDB. Pada jangka pendek maunpun jangka panjang, uang kartal tidak signifikan dan berdampak negatif terhadap PDB. Pada jangka pendek, e-commerce tidak signifikan dan berdampak negatif terhadap PDB, sementara jangka panjang, e commerce berpengaruh signifikan dan positif terhadap PDB. Kata Kunci: E-money, Uang Kartal, E-commerce, dan PDB
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | Hutauruk |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:38 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/70814 |
Actions (login required)
View Item |