PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN SONY VEGAS Pro 13.0 MATERI PERGERAKAN ORGANISASI KEBANGSAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

Aurora, Putri PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN SONY VEGAS Pro 13.0 MATERI PERGERAKAN ORGANISASI KEBANGSAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN SONY VEGAS Pro 13.0 MATERI PERGERAKAN ORGANISASI KEBANGSAAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan.jpg

Download (497kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Aurora, Putri. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah dengan Menggunakan Sony Vegas Pro 13.0 Materi Pergerakan Organisasi Kebangsaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Pd., M.Hum., (2) Amir Syarifuddin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Video, Pembelajaran Sejarah, Sony Vegas Pro 13.0, Pergerakan organisasi kebangsaan Keterbatasan penggunaan media pembelajaran di sekolah menjadikan siswa kurang memahami materi yang disampaikan sehingga menjadikan proses belajar mengajar tidak efektif. Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan adanya produk video pembelajaran yang disesuaikan dengan materi. Video pembelajaran adalah media atau alat bantu mengajar yang berisi pesan-pesan. Video yang merupakan media audio visual dan mempunyai unsur gerak didalamnya diharapkan mampu menarik perhatian siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Keefektifan video pembelajaran sejarah tidak diragukan lagi. Banyak penelitian eksperimen yang telah membuktikan keunggulan media berupa video pembelajaran dibandingkan dengan media berupa powerpoint atau lainnya. Hal ini juga didukung oleh hasil analisis kebutuhan siswa yang menyatakan bahwa 80% siswa memiliki Smartphone dan Laptop sehingga siswa membutuhkan inovasi baru dalam hal menerima materi pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa video pembelajaran sejarah dengan menggunakan sony vegas pro 13.0 materi pergerakan organisasi kebangsaan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate. Validator untuk pengembangan ini terdiri atas validator materi dan media. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi. Jumlah subjek ujicoba kelompok kecil adalah sebanyak 5 orang, sedangkan jumlah subjek ujicoba kelompok besar adalah sebanyak 15 orang. Hasil akhir validasi Video pembelajaran sejarah oleh validator materi dan media menyatakan modul dikategorikan sangat baik (berturut-turut skornya adalah 64,289%, 87,05% dan 92,85%). Video Pembelajaran dinyatakan siap untuk diujicobakan setelah melalui beberapa kali proses revisi. Tanggapan positif diberikan pula oleh subjek ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar. Kedua subjek ujicoba menyatakan modul ini berada pada kategori sangat baik (berturut-turut skornya adalah 74,15% dan 82,46%). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan hasil pengembangan video pembelajaran sejarah ini menarik, mudah dipahami dan bisa digunakan secara berkala sesuai dengan materi pergerakan organisasi kebangsaan.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI AURORA
Date Deposited: 01 Feb 2019 06:59
Last Modified: 01 Feb 2019 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7086

Actions (login required)

View Item View Item